5 Langkah Penting Agar Blog Anda Terindeks di Google Kurang Dari 24 Jam

Loading...

Agar Blog Anda Terindeks di Google
Agar Blog Anda Terindeks di Google

Banyak dari kawan-kawan yang mungkin bertanya, bagaimana caranya agar blog baru cepat terindeks? Ini memang persoalan krusial karena jika blog kita tidak terindeks oleh google, maka sangat mustahil akan bisa diketemukan oleh orang lain di mesin pencari.

Saya pernah menulis sebuah postingan yang isinya juga seputar cara khusus agar sebuah blog dapat cepat terindeks oleh google. Judulnya adalah Tips Sederhana Untuk Situs Baru Agar Gampang Terindeks Oleh Google.

Namun dalam perkembangannya, metode ini ternyata hanya satu dari 5 langkah penting yang dapat dipakai agar sebuah blog cepat terindeks.

Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang 5 langkah penting agar blog Anda dapat terindeks di google kurang dari 24 jam! Katakanlah misalnya hari ini kita melaunching sebuah blog baru dan kita mau blog tersebut sudah terindeks di google keesokan harinya. Apakah hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah SANGAT BISA!

Sebenarnya, jalan yang paling mudah agar blog kita cepat terindeks adalah memasang link blog kita di blog-blog yang sudah terkenal dan yang sudah mapan yang memiliki traffik dan ranking yang bagus.

Hanya saja, jika kita memang masih sangat baru dalam dunia blogging (blogger newbie), tentunya akan sangat sulit melakukan hal ini. Adakah jalan lain agar blog kita mudah terindeks di google? Tenang saja. Saya akan jelaskan di bawah ini.

Langkah 1: Bergabunglah dengan Blog Komunitas (Blog Communities)

Ada beberapa blog komunitas yang memiliki ranking (pagerank) yang bagus di google, seperti MyBlogLog, BlogCatalog, Blogged dan NetworkedBlogs.

Blog-blog komunitas ini memiliki kecepatan terindeks dibanding blog biasa, sehingga dengan demikian, jika anda mendaftarkan blog baru di blog komunitas tersebut, maka tidak ada jalan lain bagi google selain mengindeks blog anda.

Jika sudah terdaftar, maka anda akan memiliki halaman seperti ini, ini dan ini. Halaman-halaman seperti itu otomatis akan terindeks oleh google dalam hitungan menit.

Upayakan ketika melakukan registrasi, berikan deskripsi tentang blog anda yang sejelas-jelasnya dengan memilih kalimat dan kata kunci yang tepat. Jangan lupa untuk mendaftarkan blog anda di kategori yang relevan.

Langkah 2. Memanfaatkan Situs-Situs Evaluator dan Penyedia Web Statistik

Pernahkah anda membaca kalimat ini di blog yang anda kunjungi? “How Much Your Site Worth?“. Nah, situs-situs penyedia layanan “How Much Your Site Worth?” seperti ini sebagian besar memiliki trafik dan ranking yang bagus di google.

Jika anda memeriksakan blog anda di situs seperti ini, maka anda akan mendapatkan sebuah halaman seperti ini dan konsekuensinya adalah halaman ini juga akan terindeks oleh google.

Ini adalah beberapa situs lain yang bisa anda manfaatkan juga: WebsiteOutlook, StatBrain, CubeStat, WebTrafficAgents, BuiltWith, WhoIs, QuarkBase, URLfan dan AboutTheDomain.

Penjelasan detail tentang pemanfaatan situs-situs layananan seperti ini bisa anda baca di sini.

Langkah 3: Gunakan Aggregator Feed (Feed Aggregators)

Ada banyak feed aggregator yang dapat kita gunakan agar blog kita cepat terindeks oleh google. Sebagaimana lazim diketahui, situs-situs layanan feed aggregator adalah situs yang sangat google friendly, sehingga sekali feed blog kita terdaftar dalam database mereka, maka blog kita akan berpeluang terindeks oleh google.

Ini adalah beberapa situs feed aggregator yang bisa anda gunakan: Feed-Squirrel, OctoFinder, FeedAdage dan FeedCat. Jika sudah terdaftar, maka anda akan memiliki halaman seperti ini.

Langkah 4: Memaksimalkan Situs-Situs Sosial

Membuat sebuah akun di situs-situs sosial dengan username yang sama dengan nama domain URL kita akan memberikan peluang besar blog kita cepat terindeks oleh google, termasuk untuk menembak kata kunci (keyword).

Apalagi jika anda sudah mulai masuk pada dunia bisnis internet selling. Membangun branding produk dan services dapat dilakukan secara efektif melalui situs-situs sosial (social media) yang saat ini sangat banyak. Apa saja situs-situs sosial itu?

Selain Facebook, anda juga bisa menggunakan situs-situs berikut ini: Twitter, Digg, StumbleUpon, Delicious, Folkd dan sebagainya. Khusus untuk twitter, anda bisa menggunakan wordpress-twitter plugin khusus agar setiap kali melakukan posting atau mengedit postingan di blog anda, linknya bisa terkirim langsung ke akun twitter anda.

Anda juga bisa menggunakan Pingler setiap kali melakukan postingan, atau membuat perubahan pada blog anda. Ini akan sangat membantu blog anda cepat terindeks oleh mesin pencari.

Langkah 5: Menggunakan Situs Layanan Lainnya

Ada 3 situs penting yang saya rekomendasikan di bagian ini, yaitu Squidoo, ChangeDetection dan Technorati. Silahkan daftarkan blog anda dan berikan informasi yang detail dan selengkapnya dengan menggunakan kata kunci yang tepat ketika mengisi form registrasi.

Nah, dari pengalaman saya pribadi, menggunakan 5 langkah di atas memang terbukti memberikan hasil yang sangat memuaskan. Jika bersungguh-sungguh menerapkannya, maka blog baru anda akan terindeks oleh google kurang dari 24 jam.

Jika hari ini anda memulai sebuah blog, maka jika semua langkah yang saya jelaskan di sini anda terapkan untuk blog tersebut, maka besok Insya Allah blog itu akan terindeks oleh google, dan mungin juga oleh mesin pencari lainnya.

Nah, apakah proses indeks mesin pencari sudah cukup dengan semua ini? BELUM. Pada akhirnya, kita tetap membutuhkan KONTEN. Banyak yang bilang bahwa konten (postingan) adalah raja — content is the king –, tetapi saya mau menegaskan bahwa UNIQUE CONTENT IS THE REAL KING.

Happy blogging!

Loading...