Layanan Web Hosting Murah dan Berkualitas

Loading...

Hosting memang menjadi sebuah syarat utama untuk bisa membangun situs atau blog di internet. Meskipun banyak yang menyediakan layanan hosting gratis, tetapi sebagian besar peminat blog atau perancang situs lebih memilih untuk menggunakan hosting berbayar.

Selain lebih aman, hosting berbayar juga lebih lengkap fasilitas dan fitur-fiturnya, sehingga membantu sekali untuk memaksimalkan aktivitas online.

Cara Memilih Hosting

Mengawali pembicaraan soal hosting, kita seringkali dihadapkan pada dua pilihan; apakah menggunakan hosting dalam negeri atau yang dari luar negeri. Ada banyak pertimbangan untuk melakukan pilihan, tetapi secara umum antara hosting dalam negeri dengan hosting luar negeri sebenarnya tidak memiliki perbedaan signifikan dari segi layanan. Kecuali jika kita melihat dari sisi kecepatan server (loading time).

Ada yang berpendapat bahwa jika yang kita bangun adalah situs lokal dengan bahasa Indonesia, maka lebih disarankan untuk menggunakan hosting lokal juga. Sebaliknya jika target pengunjung situs kita adalah masyarakat luar negeri, maka hostingnya juga lebih baik kalau di luar negeri. Bagaimana dengan saya sendiri?

Meskipun saya setuju dengan hal di atas, tetapi pada implementasinya saya tidak seperti itu. Sampai saat ini semua layanan hosting yang saya gunakan adalah hosting luar negeri.

Mengapa? Saya, secara pribadi, tidak begitu percaya dengan kualitas dan tingkat sustainability hosting dalam negeri, sementara sebagian besar situs layanan dan blog yang saya kembangkan, baik secara personal maupun oleh perusahaan, punya target sustainability jangka panjang.

Saya belum yakin perusahaan dalam negeri atau personal netter lokal yang memberikan layanan hosting mampu menjamin sustainability layanan mereka hingga sekurang-kurangnya 10 tahun ke depan! Beberapa layanan hosting lokal yang sebelumnya santer terdengar dan digunakan oleh banyak blogger akhirnya gulung tikar karena sejumlah alasan.

Ini mungkin yang menjadi alasan mengapa sebagian peminat websites dan penggila blog di negeri ini masih memilih hosting luar negeri untuk aktivitas mereka. Selain karena memiliki tingkat sustainability yang terjamin, kualitas layanan dan ketersediaan fitur yang lengkap mereka memang bisa diandalkan.

Hal yang tidak kalah penting saat memilih hosting adalah pada fitur layanan. Saat ini, dengan semakin maraknya program Reseller Hosting maupun Virtual Private Server (VPS) dari luar negeri, layanan hosting pun semakin menjamur dengan fitur yang boleh dibilang cukup lengkap, apalgi jika hanya digunakan untuk keperluan blogging atau online commerce. Artinya, soal fitur, sebagian besar hosting dari luar negeri tidak usah diragukan lagi.

Nah, biasanya pertimbangan yang cukup serius jatuh pada soal harga. Tidak bisa dipungkiri, kita semua lebih cenderung akan membeli hosting yang lebih murah, tapi sedapat mungkin berkualitas dan fiturnya lengkap. Ada banyak layanan hosting internasional yang memberikan harga kompetitif. Salah satunya adalah sebuah layanan hosting murah dari luar negeri yang bisa diandalkan dengan beragam fitur yang unlimited, namanya HawkHost.

Beroperasi sejak beberapa tahun lalu, Hawkhost adalah salah satu hosting tangguh di bidangnya dengan sejumlah layanan murah berkualitas. Saat ini, HawkHost mengusung layanan hosting hijau (green hosting) yang ‘ramah’ terhadap lingkungan.

Silahkan kunjungi situs HawkHost di sini!

Loading...