Tata Surya Baru Kita

Loading...

Setelah melayangkan pandangan sejauh jutaan kilometer, sekelompok astronom menemukan tata surya baru. Penemuan ini dilandaskan pada sebuah planet yang amat mirip Jupiter.

Planet ini terlihat jelas pada sebuah teleskop 3,9 meter milik Anglo-Australian Telescope di New South Wales, Australia. Hasilnya dipaparkan dalam sebuah konferensi di Paris, 3 Juli 2003.

Di antara ratusan penemuan, planet yang baru ditemukan itu diyakini paling mirip tata surya kita. Orbitnya mirip orbit Jupiter. Caranya mengelilingi bintang HD70642 yang menjadi “mataharinya”, pun amat mirip dengan planet di tata surya kita.

Loading...

“Planet baru ini memiliki orbit melingkar yang besarnya tiga perlima besar lintasan orbit Jupiter. Bentuk dan ukurannya juga mirip dengan orbit planet di tata surya kita,” kata Hugh Jones dari Universitas John Moores Liverpool.

Planet baru yang ditemukan ini diperkirakan memiliki massa dua kali massa Jupiter. Ia mengelilingi bintang HD70642 selama enam tahun. HD70642 sendiri bisa ditemukan di rasi bintang Puppis. Jaraknya sekitar 90 tahun cahaya dari Bumi. Planet baru yang belum diberi nama itu berada 3,3 kali lebih jauh. Diperkirakan keduanya terpaut sejauh setengah jarak Mars dan Jupiter.

Loading...