Cara Memasang Homepage Link di Blog WordPress

Loading...

Banyak teman-teman blogger pengguna wordpress yang masih belum tahu jelas bagaimana memasang link yang hanya tampil di homepage saja. Padahal sehari-hari, kadang blogger melakukan transaksi penjualan link dan advertisernya mau jika link hanya tampil di homepage saja.

Saya banyak mendapatkan permintaan bantuan solusi untuk memasang homepage link ini dari rekan-rekan blogger lain, baik melalui email atau chatting. Saya pikir akan berguna jika saya membuat postingan tentang bagaimana cara memasang homepage link di blog wordpress.

Sebenarnya solusi atas persoalan ini sederhana saja, hanya perlu menambahkan beberapa kode php saja, baik melalui widget, atau langsung masuk di theme editor sidebar.php atau di index.php. Semuanya tergantung homepage link akan dipasang di mana: di atas postingan, di bawah semua postingan, di sidebar, atau di footer.

Kode Untuk Menampilkan Homepage Link

Di bawah ini adalah kode umum yang mesti ditambahkan di antara link yang akan kita pasang untuk di homepage saja:

<?php if (is_home() && !is_paged()) { ?>
<a href=”http://www.namadomainanda.apa”>nama link anda di sini</a>
<?php } ?>

Masukkan link yang akan anda pasang dengan mengganti tulisan warna merah di antara kode di atas. Jika linknya sudah anda pasang, cukup copy paste saja kodephp di atas dan tentukan mau ditempatkan di mana link tersebut, apakah di atas postingan/di bawah semua postingan (index.php), di footer (footer.php) atau di sidebar (sidebar.php).

Nah, kadang blogger pemula yang belum mengenal banyak seputar kode-kode php akan kesulitan menempatkan kode homepage link di atas secara benar. Tapi tak perlu khawatir dulu. Anda tetap bisa memasang homepage link di sidebar saja dengan menggunakan widget. Bagaimana caranya?

Memasang Homepage Link di Sidebar dengan Widget

Ini pertanyaan yang sangat sering diajukan. Solusinya pun sangat mudah. Anda hanya perlu meng-install plugin Exec-PHP yang sudah ada di database wordpress, lalu aktifkan dan pasang kode homepage link di atas dengan menggunakan widget text. Selanjutnya atur saja posisinya, apakah mau ditempatkan di bagian paling atas sidebar atau di tengah atau di bawah sekali.

Selain plugin Exec PHP yang kerjanya cenderung rumit dan bertele-tele, saya juga selalu menggunakan plugin Widget Context untuk mengatur tampilan link/widget di sidebar; apakah hanya akan ditampilkan di homepage saja, atau pada halaman (page) atau postingan tertentu. Bahkan dengan plugin ini, kita bisa memasang sidebar yang hanya akan tampil pada kategori atau tags tertentu saja.

Mudah, bukan? Nah, selamat mencoba!

Loading...