6 Motivasi Menurunkan Berat Badan

Loading...

Mencapai berat badan ideal dan mempertahankannya tentu butuh komitmen dan dukungan. Motivasi apa saja yang dapat mendorong Anda untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya ?

1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Bila ingin panjang umur dan menikmati kualitas hidup yang lebih baik, Anda perlu mempertahankan kebugaran tubuh. Jangan lupa, berat badan ideal juga membantu menurunkan tingkat risiko mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, jantung, atau kanker.

2. Baju tahan lama

Penampilan yang enak dipandang akan membuat Anda lebih percaya diri. Dapat memakai kembali pakaian lama Anda bisa dijadikan motivasi untuk menurunkan berat badan.

Meski motivasi ini bukan alasan satu-satunya, tetapi membayangkan senangnya dapat memakai kembali pakaian lama akan memberi Anda motivasi lebih.

3. Enak dipandang

Anda tentu ingin selalu berpenampilan baik dan enak dipandang mata. Alasan ini seringkali menjadi motivasi yang kuat bagi sebagian orang. Namun, Anda perlu menetapkan tujuan yang realistis.

Misalnya, bila ingin berat badan seperti saat berusia 20-an, bersiap-siaplah kecewa. Nah, rasa kecewa ini dapat menurunkan semangat dan Anda akan tergoda tidak melanjutkan program penurunan berat badan. Tidak perlu terburu-buru mencapai berat badan ideal. Hargai sekecil apa pun perubahan yang Anda capai.

4. Nyaman dengan diri sendiri

Menurunkan berat badan dapat membuat Anda merasa lebih baik dalam banyak hal. Tentu saja, secara fisik Anda akan merasa segar dan bugar. Perubahan fisik ini akan membawa kepuasan tersendiri.

Secara mental, Anda pun akan merasa lebih baik karena Anda tengah menanam investasi dalam hal memperbaiki kualitas hidup yang akan Anda petik manfaatnya di masa depan. Berat badan yang proporsional juga akan membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri.

5. Mengurangi risiko penyakit tertentu

Kelebihan berat badan dapat mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Kadar kolesterol dan tekanan darah biasanya meningkat bagi mereka yang kelebihan berat badan.

Selain meningkatkan risiko terkena diabetes atau kanker, kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Bila Anda ingin mengurangi risiko ini, menurunkan berat badan dapat menjadi solusinya.

6. Tekanan dari luar

Tekanan untuk menurunkan berat badan biasanya datang dari keluarga, teman, dokter atau rekan kerja. Namun ingat, program penurunan berat badan yang Anda lakukan adalah demi mencapai target yang ingin Anda capai, bukan karena paksaan dari orang lain.

Anda sendirilah yang dapat mencapai target ini dan Anda jugalah yang akan merasakan manfaatnya.

Loading...