Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat Bekerja

Loading...

Cara Meningkatkan Konsentrasi Saat BekerjaKonsentrasi merupakan satu hal yang sangat penting bagi seorang pegawai untuk menghasilkan pekerjaan yang optimal.

Jika tidak dapat berkonsentrasi, maka hasil yang akan kita peroleh pasti juga akan kurang maksimal dan memuaskan. Bisa saja kita justru mendapat teguran dari atasan.

Banyak sekali hal-hal yang mengakibatkan seseorang kekurangan konsentrasi dalam bekerja, seperti pola makan yang tidak sehat, kurang tidur, ataupun merasa bosan.

Cara meningkatkan konsentrasi saat bekerja haruslah kita terapkan untuk cepat menyelesaikan kerjaan secepat mungkin, sehingga tidak menumpuk di keesokkan hari.

Berbagai cara yang bisa kita lakukan diantaranya adalah :

Rutin sarapan pagi

Sebelum berangkat ke kantor, sebaiknya kita dapat menyantap sarapan pagi terlebih dulu. Sarapan adalah faktor penting untuk meningkatkan konsentrasi bekerja. Apabila kita melewatkannya, maka sesampainya di kantor kita akan merasa lapar, dan tidak fokus bekerja.

Meminum teh

Ketika Anda sudah merasa jenuh dan lelah bekerja, segeralah menyeduh segelas teh manis hangat. Teh terbukti memiliki kandungan kafein dan zat alami L theanin yang bermanfaat untuk mempengaruhi aktivitas otak Anda supaya bisa lebih fokus. Teh memang lebih disarankan daripada kopi karena memiliki zat psikoaktif.

Memeramkan mata sejenak

Jika Anda sudah merasa lelah, jangan memaksakan diri untuk terus bekerja, karena justru bisa membuat banyak kesalahan dan kekacauan.

Memaksakan diri untuk fokus bekerja pada kondisi tubuh yang seperti itu juga dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti migrain, pusing, demam, dan masuk angin. Oleh sebab itu, Anda bisa memejamkan mata sejenak dan menyenderkan tubuh ke kursi untuk beristirahat sebentar.

Setelah merasakan perbedaan dan rileks, segeralah lanjutkan tugas-tugas yang harus Anda selesaikan. Tentu saja hasil pekerjaan akan lebih maksimal jika kita mengerjakannya dalam kondisi tubuh yang fit bukan?

Mendengarkan musik

Memang sudah banyak orang yang sering mendengarkan musik pada saat bekerja. Dengan mendengarkan musik dan lagu-lagu favorit, tentu saja bisa menghilangkan rasa jenuh ketika menyelesaikan suatu pekerjaan.

Selain itu, ternyata mendengar musik juga bisa merangsang koneksi saraf di otak kita sehingga membuat kita lebih berkonsentrasi. Namun jangan sampai Anda mendengarkan musik dengan speaker yang keras dan bisa mengganggu rekan-rekan sekantor lainnya. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan headset ataupun handsfree pribadi.

Jangan mengobrol

Pada saat mengerjakan banyak tugas yang menumpuk, lebih baik hindarilah mengobrol dengan rekan kerja. Baik mengobrol secara langsung ataupun berbincang-bincang di dunia maya, seperti chatting, update status pada situs pertemanan, dan lain-lain, sebab hal tersebut dapat membuyarkan konsentrasi Anda saat bekerja.

Mengunyah permen karet

Permen karet ternyata tidak hanya berkhasiat untuk menyegarkan mulut saja, tetapi juga sangat ampuh untuk meningkatkan konsentrasi kita dalam bekerja.

Sebab, penelitian yang sudah dilakukan di New York, Amerika Serikat (AS) menyatakan, bahwa orang yang mengunyah permen karet terbukti memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, dan dapat fokus bekerja selama berjam-jam.

Selain itu, mengunyah permen karet juga menimbulkan efek positif untuk daya ingat dan pikir kita karena memproduksi insulin, sehingga memberikan rangsangan pada otak.

****

Nah, jika Anda merasa sulit berkonsentrasi saat berada di kantor, bisa mencoba salah satu cara meningkatkan konsentrasi saat bekerja seperti yang tercantum di atas.

Semoga saja cara-cara tersebut dapat meningkatkan semangat dan konsentrasi Anda untuk kembali bekerja dan menyelesaikan semua kewajiban Anda tepat waktu, sehingga bisa menjadi pegawai teladan dan disayang atasan, bahkan membuka peluang diri Anda untuk dipromosikan naik jabatan.

Loading...