Tips Sehat Untuk Para Pelajar

Loading...

Tips Sehat Untuk Para Pelajar dan SiswaTips sehat untuk para pelajar tentu saja harus diketahui dan diterapkan demi kepentingan sendiri.

Apabila Anda ingin optimal dan belajar dengan baik di sekolah, tentu saja harus mengambil tindakan ekstra untuk dapat menjaga kesehatan tubuh.

Hal ini tentu saja bukan hanya bermanfaat untuk melakukan kegiatan di sekolah, tetapi juga untuk beraktivitas di luar sekolah, misalnya untuk bermain bersama dengan teman-teman, dan sebagainya.

Loading...

Maka dari itu, kita harus menerapkan tips sehat ini untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari yang dapat menunjang segala aktivitas yang kita jalani.

Tips sehat untuk para pelajar dan siswa tersebut diantaranya adalah :

Rutin sarapan pagi

Banyak sekali para pelajar yang sering melewatkan sarapan pagi mereka karena berbagai alasan, seperti terlambat bangun tidur, dan lain sebagainya.

Sebuah penelitian pun menunjukkan, bahwa dengan tidak menyantap sarapan pagi, bisa menurunkan pencapaian prestasi. Apabila tak ada waktu untuk duduk dan menikmati makan pagi di meja makan, kita bisa mengambil buah, kacang-kacangan, dan juga jus atau susu.

Konsumsi makanan berkalsium

Para pelajar yang masih berusia di bawah 20 tahun ini juga harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk membangun cadangan kalsium yang terdapat di dalam tubuh untuk dapat mencegah osteoporosis atau keropos tulang di hari tua.

Jika Anda tidak menyukai susu, bisa mengonsumsi keju yang rendah lemak, sayur-sayuran hijau, ataupun yoghurt.

Tidur yang cukup

Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup sekurang-kurangnya 8 jam per hari merupakan sebuah bagian dari gaya hidup sehat. Untuk itu, sebisa mungkin terapkanlah waktu tidur yang cukup supaya bisa memberikan waktu istirahat bagi tubuh dan pikiran Anda.

Selain itu, jika sedang libur di hari Minggu atau hari besar lainnya, usahakanlah untuk dapat tidur siang supaya tubuh Anda selalu dalam kondisi sehat dan fit setiap harinya.

Kurangi menyantap fast food

Pada saat sekarang ini, memang sudah banyak sekali rumah makan yang menyajikan berbagai sajian fast food seperti pizza, ayam goreng, kentang goreng, dan sebagainya.

Tentu saja Anda boleh mengonsumsi makanan tersebut, tapi usahakanlah jangan terlalu sering. Anda juga harus berhati-hati dengan fast food yang banyak mengandung lemak tinggi dan kadar kolesterol.

Minum air putih secukupnya

Seperti yang kita ketahui, para ahli sudah menyarankan kita untuk mengonsumsi 2 liter air perharinya. Tubuh manusia memang membutuhkan sedikitnya 8 gelas air dalam satu hari.

Apabila Anda melakukan aktivitas lain dan berolahraga yang banyak menguras tenaga, tentu saja Anda membutuhkan takaran yang lebih.

Untuk para pelajar, bawalah botol air mineral setiap harinya ke sekolah. Jangan biasakan meminum soft drink, karena tidak baik bagi kesehatan Anda.

Makan dengan teratur

Tips sehat bagi pelajar yang utama adalah dengan makan teratur setiap harinya. Pada setiap sekolah, pastinya memiliki jadwal istirahat ataupun makan siang. Sebisa mungkin jangan menunda-nunda waktu makan Anda, karena berisiko dapat menimbulkan penyakit maag.

Rajin berolahraga

Setiap orang pasti memerlukan olahraga, begitu juga dengan para pelajar yang harus rutin melakukan workout. Berolahragalah dengan meregangkan bagian otot dan persendian sampai mengeluarkan keringat.

Minimal kita harus berolahraga minimal selama 30 menit setiap harinya. Dengan berolahraga rutin, dapat mempertahankan energy dan kebugaran tubuh Anda. Selain itu, juga dapat menghindarkan diri dari penyakit dan virus yang bisa saja menyerang tubuh.

Semoga tips sehat untuk pelajar dan siswa di atas bisa mewujudkan keinginan kita untuk tetap dalam kondisi sehat demi mengejar impian di masa depan.

Loading...