Tips Sehat Ketika Bepergian

Loading...

Tips Sehat Ketika BepergianTips sehat ketika bepergian haruslah kita ketahui supaya bisa selamat sampai ke tujuan.

Baik bepergian ke lokasi-lokasi yang berjarak jauh ataupun dekat, baik mengendarai mobil ataupun motor kita tetap harus mengutamakan keselamatan.

Ketika bepergian, tentu saja kita sibuk mempersiapkan segala sesuatunya.

Namun, ternyata kita juga seringkali menyepelekan masalah kesehatan, khususnya mengenai asupan gizi pada makanan yang kita santap selama di perjalanan.

Berbagai tips sehat yang bisa Anda terapkan ketika bepergian diantaranya adalah :

Memasak makanan sendiri

Ketika bepergian ke suatu tempat, tak peduli di mana Anda akan tinggal, memasak makanan sendiri memang lebih efektif, hemat, dan juga sehat.

Anda bisa berbelanja di supermarket terdekat dan memasak hidangan sederhana dengan nilai gizi yang tinggi dan berkhasiat untuk menyehatkan tubuh, seperti salad, sup, omelet, dan sebagainya.

Tentu saja dengan memasak makanan sendiri, kita bisa lebih menghemat pengeluaran dan memastikan standar kehigienisan pada makanan yang kita santap jika dibandingkan dengan menyantap makanan di sebuah rumah makan setiap harinya.

Membawa cemilan sendiri

Dengan membawa cemilan sendiri seperti buah kering, roti gandum, kacang-kacangan, dan lain-lain tentu saja dapat menghindarkan diri kita dari godaan ingin jajan di luar.

Perlu kita sadari, jajanan yang dijual di pinggir jalan belum tentu aman dan sehat untuk tubuh. Untuk itulah, sebaiknya sebelum pergi kita bisa menyiapkan cemilan-cemilan yang lebih menyehatkan tubuh, supaya tidak sakit ketika berada di tengah perjalanan.

Menyantap sarapan pagi

Mulailah pagi Anda dengan sarapan pagi yang sehat supaya dapat melakukan berbagai aktivitas perjalanan tanpa hambatan.

Paling tidak isilah perut Anda di pagi hari dengan segelas susu, telur rebus, roti berselai cokelat, dan juga buah apel untuk mengawali hari Anda dengan kondisi tubuh yang fit dan lebih bersemangat.

Jangan sampai Anda melewatkan sarapan pagi atau menyantap sarapan sembarangan, karena dikhawatirkan bisa membuat Anda lemas ketika bepergian. Tentu saja perjalanan Anda akan semakin menyenangkan jika dalam kondisi yang sehat dan bugar bukan?

Sering mencuci tangan

Supaya tubuh kita terhindar dari berbagai virus yang ada selama bepergian, sering-seringlah mencuci tangan supaya dapat membunuh kuman-kuman yang mungkin saja menempel pada tangan Anda.

Sebab secara tidak sengaja, mungkin saja Anda bakal mengusapkan tangan ke wajah, mata, mulut, ataupun hidung, yang justru bisa menyebabkan berbagai penyakit ke dalam tubuh.

Selain mencuci tangan dengan sabun, kita juga harus menggunakan hand sanitizer, yang terbukti ampuh untuk membunuh semua bakteri dan kuman-kuman di tangan.

Bahkan, penelitian yang dilakukan juga menginformasikan bahwa hand sanitizer ini bisa menghilangkan berbagai bakteri, jamur, dan virus.

Hindari stress selama bepergian

Ketika bepergian, tepatnya selama di perjalanan, hindarilah stress dan kecemasan yang berlebihan. Karena, biasanya rasa cemas, stress, dan khawatir yang berlebihan itu dapat berdampak buruk pada konsentrasi Anda ketika mengendarai kendaraan.

Untuk menghindari stress, Anda harus tidur dan beristirahat yang cukup, atau bisa juga mencuci muka supaya kembali segar.

Selain itu, kita juga bisa memasang pewangi mobil beraroma lavender, peppermint, ataupun jeruk yang dinilai bisa menentramkan tubuh ketika bepergian.

Regangkan otot-otot tubuh

Tips sehat ketika bepergian berikutnya adalah dengan meregangkan otot-otot tubuh. Pada saat bepergian dengan menggunakan mobil pribadi ataupun bus-bus pariwisata tentu saja bisa membuat otot tegang dan badan pegal-pegal akibat duduk terlalu lama.

Untuk itu, disarankan untuk bisa melakukan peregangan dengan pemanasan sekesar untuk menggerakkan otor yang terasa tegang atau kaku, sehingga bisa kembali rileks.

***

Demikianlah sejumlah tips sehat ketika Anda bepergian. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Loading...