Mau Jadi Profitable Blogger atau Proffesional Blogger?

Loading...

Pekan lalu ada pertanyaan menarik dari seorang blogger yang cukup lama bergelut di dunia blog. Agak mengejutkan sebenarnya, sekaligus sedikit menggelikan.

Lho, ngeblog bisa menghasilkan uang ya?”

Pertanyaan yang sederhana, tetapi sekaligus juga menarik untuk dibahas di sini. Menggelikan karena setahu saya, si Blogger yang bertanya ini sudah sekian lama malang melintang di blogosphere.
Dalam hati saya berbisik, “masak yang kayak gituan nggak tau?”.

Sebenarnya saya sudah posting beberapa tulisan tentang bagaimana cara “mencari uang” lewat aktivitas ngeblog, diantaranya ada di Nikmatnya Berbagi Hasil Nge-blog. Postingan lain bisa dibaca di Entirewebs SpeedyAds; Nuansa Baru Adsense Alternatif, Ikut program pay per post seperti Blogsvertise, atau bergabung dengan Advertlets.com, sebuah layanan periklanan dari Malaysia. Tapi tidak mengapa mengulasnya kembali di postingan ini.

Bisnis online memang menawarkan banyak hal. Yang dibutuhkan hanyalah sediit keseriusan dan tentunya, waktu. Sudah banyak blogger dari Indonesia yang cukup sukses di bidang ini, sebut saja si Isnaini dan lainnya.

Meraup dollar dari aktivitas ngeblog kini bukan lagi mitos! Dan setiap orang yang memiliki blog, sekarang sudah memiliki peluang memperoleh penghasilan. Pada akhirnya kita tinggal memilih, mau menjadi seorang Blogger yang Profitbale atau Proffesional Blogger.

Bagaimana caranya? Tutorial tentang ini juga sudah pernah saya publikasikan di sini. Saya mengistilahkan “Profitable Blogger” sebagai sebutan untuk aktivitas ngeblog yang bukan hanya sekadar ngeblog, tetapi juga nge-dollar.

Mungkin tepatnya, istilah ini berlaku bagi mereka yang mengelola blog tetapi bukan full komersil. Jadi minimal kembali modal. Menjadi seorang Profitable Blogger sangat sederhana saat ini. Punya blog sendiri, update teratur, perbaiki link popularity, dan mendaftar sebagai publisher. Jika di-approve (diterima) oleh pihak adminnya, kamu tinggal pasang kode script iklan untuk ditayangkan di blogmu.

Nah, mendaftar sebagai publisher di mana? Ada banyak pilihan. Bisa jadi publisher adsense, publisher adbrite, publisher etology, publisher exoclick, publisher pay-ads.com, publisher adster, publisher adengage, publisher advertlets, publisher obeus, publisher widgetbucks, publisher auctionads, atau menjadi publisher di program pay-per-post yang khusus untuk blogger (saya akan posting tentang ini secepatnya), seperti di Blogsvertise, SponshorReview dan Pay Per Post.

Ada lagi program jual beli link yang sangat mudah diikuti. Jika link popularity blog kamu cukup bagus, dengan google page rank (GPR) minimal 4, maka kamu bisa mendaftar di program Text Link Ads (TLA) dan Buy-SellTextLinks.

Setelah mendaftar bagaimana? Ya, tunggu sampai di-approve oleh pihak pemilik program advertising tersebut. Jika sudah di-approve, tinggal ikuti step-by-step petunjuk publishing program mereka. Jangan lupa selalu baca dokumen F.A.Q (Frequently Asked Question) dan Term of Service (TOS) dari setiap program.

Nah, bagaimana dengan Proffesional Blogger? Ini merupakan sebuah pilihan hidup. Kenapa demikian? Karena secara full time seseorang yang sudah menjadi blogger professional akan bekerja mengelola blog atau website mereka dan mengupayakannya selalu menghasilkan uang, sebab dari situlah mereka dapat penghasilan untuk menjalani hidup.

Tidak sedikit orang yang sudah bergelimang harta dari profesi sebagai seorang blogger full time. Anda berminat? Kalau saya belum. Masih piker-pikir, mau jadi dokter atau blogger, atau dokter yang nge-blog, dan mungkin juga : blogger yang nge-dokter? 🙂

Untuk anda, saya ucapkan selamat memilih!

Loading...