Khasiat, Manfaat dan Sumber Vitamin B3

Loading...

Khasiat, Manfaat dan Sumber Vitamin B3

Vitamin B3 atau yang juga sering disebut sebagai Niacin merupakan salah satu unsur yang terdapat pada vitamin B kompleks. Vitamin B3 sangatlah diperlukan oleh setiap tubuh manusia untuk melancarkan peredaran darah dan membuat kulit menjadi sehat.

Vitamin B3 mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh dan berguna untuk membantu pencernaan lemak, protein, dan karbohidrat. Vitamin B3 mengemban tugas penting untuk membantu melepaskan energi ke seluruh sel-sel dan jaringan tubuh.

Vitamin B3 sangatlah mudah ditemukan. Untuk praktisnya lagi, kita hanya tinggal pergi membelinya di apotek terdekat saja. Akan tetapi, sebaiknya sebelum kita membelinya, berkonsultasilah dulu kepada dokter baru membeli vitamin B3 sesuai dengan resep yang diberikan.

Hal ini sangatlah penting supaya dosis yang kita konsumsi itu berdasarkan kebutuhan tubuh untuk memperoleh hasil positif yang diinginkan. Vitamin B3 ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu hexanicotinate dan niacinamide.

Pada jaman dahulu dan hingga sekarang ini, vitamin B3 memang dikenal sebagai obat untuk mengobati penyakit pellagra. Mungkin saja di antara kita masih banyak yang merasa asing dengan nama penyakit tersebut.

Penyakit pellagra juga sering disebut dengan penyakit musiman. Pellagra biasanya muncul pada musim semi dan berlangsung di musim panas. Penyakit pellagra memang menyerang orang yang kekurangan vitamin B3 dan sering mengonsumsi jagung setiap harinya.

Ciri-ciri orang yang terkena penyakit pellagra adalah kulit yang berwarna kecoklatan seperti luka bakar pada saat terkena panas sinar matahari, diare, pusing kepala, dan peradangan otot lunak di dalam mulut.

Selain itu, penyakit pellagra juga menimbulkan gangguan psikologis seperti mudah tersinggung, cepat marah, suka berhalusinasi, sering mengalami depresi, kelumpuhan anggota tubuh, serta emosi tinggi.

Khasiat dan Manfaat Vitamin B3

Berikut ini adalah sejumlah khasiat dan manfaat vitamin B3:

  1. Membantu melancarkan sirkulasi di dalam tubuh.
  2. Konsumsi vitamin B3 dengan dosis yang tinggi juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, vitamin B3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol bagi mereka yang kekurangan.
  3. Mengurangi kadar Trigliserida.
  4. Membantu orang-orang yang memiliki otot lemah dan sering iritasi kulit.
  5. Mempercepat proses pertumbuhan rambut sehat.
  6. Vitamin B3 berkhasiat untuk mengurangi jerawat.
  7. Mengobati masalah gusi dan gigi di dalam mulut kita.
  8. Vitamin B3 juga dapat mengobati orang yang insomnia atau susah tidur.
  9. Mempercepat proses penyembuhan pada sejumlah penyakit.
  10. Menjaga kulit agar tetap sehat.
  11. Sirkulasi darah yang lancar untuk dapat meningkatkan kinerja jantung supaya makin optimal. Seperti yang diketahui, sirkulasi darah sangatlah penting untuk melangsungkan proses pengaliran oksigen ke seluruh tubuh.
  12. Melepas energy ke sel-sel dalam jaringan tubuh.
  13. Vitamin B3 mampu menambahkan daya ingat seseorang.
  14. Memperbaiki gangguan pernapasan dan pembuluh darah.
  15. Vitamin B3 juga berkhasiat untuk membantu menormalkan sistem pencernaan manusia di dalam tubuh sehingga dapat meningkatkan sekresi pada cairan lambung dan membantu pencernaan. Dengan begitu, maka dapat menambah nafsu makan kita untuk menyehatkan tubuh. Vitamin B3 dalam membantu pencernaan dengan menormalkan perut dan cairan empedu.
  16. Vitamin B3 bermanfaat untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh sehingga memperlancar proses penyembuhan penyakit diabetes bagi si penderita.
  17. Vitamin B3 mampu mencegah serangan jantung dan kematian secara mendadak.

Kekurangan Vitamin B3

Bagaimana tanda-tanda yang ditimbulkan oleh orang yang kekurangan vitamin B3? Orang yang kekurangan vitamin B3 biasanya akan sering diare, merasa pusing tujuh keliling, demensia, dan sariawan.

Selain itu, tanda-tanda lain yang ditimbulkan oleh manusia yang kurang mengonsumsi vitamin B3 adalah sering merasa kelelahan meskipun tidak melakukan pekerjaan berat, nyeri otot, berkurangnya nafsu makan, bau mulut, dermatitis, dan sebagainya.

Kelebihan Vitamin B3

Selain kekurangan vitamin B3, ada juga dampak-dampak buruk yang dialami oleh manusia yang kelebihan vitamin B3. Beberapa dampak buruk yang dapat kita lihat adalah muka mereka karena pembuluh darah yang melebar, muntah-muntah, pembengkakan lidah, pingsan, gatal-gatal pada bagian leher dan wajah, penyakit maag, dan liver.

Maka dari itu, kita harus pergi berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu supaya tidak kekurangan ataupun kelebihan vitamin B3. Hal itu sangatlah penting diperhatikan supaya dapat meminimalisasikan resiko-resiko yang sudah disebutkan di atas.

Kebanyakan vitamin B3 ini tidak tersedia dalam satuan seperti kapsul vitamin, tetapi sudah dalam bentuk herbal. Tetapi, tentu saja penggunaan Niacin ini membutuhkan perhatian khusus dari para ahli kesehatan atau kedokteran supaya tidak mengakibatkan dampak-dampak negative yang tentu saja bisa mengganggu sistem kerja dan kondisi tubuh.

Sumber Vitamin B3

Beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin B3 antara lain :

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji mustard dan kacang almond, kacang tanah, dan kacang hijau mengandung vitamin B3 yang tinggi. Setidaknya kita harus menyantap sumber vitamin B3 ini setiap hari dalam porsi yang sedikit untuk memenuhi kebutuhan vitamin B3 di dalam tubuh.

Buah mangga

Selain karena bentuknya yang menarik dan rasanya yang asam-asam manis sehingga disukai banyak orang, buah mangga ternyata juga mengandung vitamin B3 yang tinggi.

Para ahli menginformasikan dalam satu buah mangga terdapat 1,5 mcg vitamin B3. Dengan mengonsumsi buah mangga, maka kita dapat mengonsumsi vitamin B3 secara alami.

Hati domba

Seperti yang diketahui, mungkin saja kita akan lebih sulit membeli hati domba jika dibandingkan dengan hati kambing, ayam, ataupun sapi. Selain itu, harga hati domba juga sudah pasti lebih mahal.

Tetapi untuk dapat memenuhi vitamin B3 di dalam tubuh, tidak ada ruginya bukan untuk mengeluarkan sedikit uang lebih demi menjamin khasiatnya untuk kesehatan tubuh? Setidaknya terdapat 16,8 mcg pada 100 gram hatinya. Dengan mengonsumsi hati domba, kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang mungkin saja menyerang tubuh.

Ikan salmon

Ikan salmon memang bisa dikatakan mirip dengan ikan tuna. Ikan salmon juga tidak dapat ditemukan dengan mudah di semua perairan, sehingga tidak semua pasar menjualnya. Kita dapat membeli ikan salmon di supermarket modern, baik yang masih mentah, sudah dibentuk kalengan, dan bahkan sarden. Dalam 1 ons ikan salmon terdapat 1,89 mcg vitamin B3.

Jamur

Seperti yang kita ketahui, jamur terbagi menjadi beberapa macam. Ada jamur yang bisa dimakan, dan ada juga yang tidak boleh dikonsumsi. Selain itu, jamur juga terbagi atas cara mengolahnya masing-masing. Sementara jamur yang mengandung vitamin B3 dan aman disantap adalah jamur portabella, jamur putih, jamur shitake, dan jamur oyster.

Susu

Hingga saat sekarang ini, memang sudah banyak sekali jenis-jenis susu yang beredar di pasaran, mulai dari susu kedelai, susu kambing, susu sapi murni, susu kalengan, susu bubuk, dan sebagainya. Baik susu rasa cokelat, strawberry, vanilla, dan madu sama-sama mengandung vitamin B3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Loading...