5 Obat Panu Alami Paling Mustajab

Loading...

5 Obat Panu Alami Paling MustajabPanu adalah salah satu penyakit kulit yang mudah sekali menyerang tubuh, apalagi jika kita tidak menjaga kebersihan tubuh. Panu disebabkan oleh jamur Malassezia furfur.

Ketika jamur ini berkembang biak pada tubuh akan menyebabkan bercak putih dengan rasa gatal yang sangat mengganggu. Pada sebuah pemeriksaan, jamur ini nampak seperti hifa pendek dan spora bulat berkelopak.

Gejala-gejala yang muncul ketika panu mulai menyerang memang tidak begitu terlihat, hanya saja ada sedikit rasa gatal yang lama kelamaan menjadi lebih parah.

Meskipun sudah banyak sekali jenis obat panu mustajab yang dijual di pasaran, nampaknya penyakit ini tetap saja menyerang banyak orang. Rasa gatal yang ditimbulkan juga tidak setiap saat, hanya waktu-waktu tertentu saja.

Penyebab Tumbuhnya Panu

Sebelum membahas obat panu paling mustajab, ada baiknya kita mengetahui faktor penyebab pertumbuhan jamu pada kulit manusia, antara lain sebagai berikut:

  1. Adanya keringat berlebih ketika berolahraga dan akibat tubuh berlemak.
  2. Lingkungan yang panas dan lembab. Biasanya kondisi yang demikian terjadi ketika mengenakan pakaian yang terlalu ketat dan pakaian yang sulit menyerap keringat. Saat inilah jamur seringkali berkembang.
  3. Memiliki penyakit tertentu, misalnya HIV AIDS dan diabetes. Penyakit tersebut memang memudahkan pertumbuhan jamur panu.
  4. Friksi atau trauma tubuh normal terganggu. Biasanya hal ini terjadi ketika tubuh seringkali bergesekan dengan paha dari orang bertubuh gemuk.
  5. Adanya kontak langsung dengan orang yang memiliki panu. Misalnya seperti mengenakan pakaian bekas orang terkena panu dan lain sebagainya.

Mencegah Munculnya Penyakit Panu

Untuk mencegah pertumbuhan jamur sangat disarankan untuk berganti handuk sesering mungkin sehingga jamur tidak terkontaminasi secara langsung dengan tubuh,.

Selain itu, rajin mandi 2-3 kali dalam sehari, segera ganti pakaian ketika berkeringat, jangan sering-sering meminjam baju orang dan selalu menjaga kebersihan kamar tidur.

Obat Mustajab Untuk Menghilangkan Panu

Untuk mengobati penyakit panu ini, sebenarnya ada beberapa obat panu mustajab yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah 5 obat panu mustajab yang dibuat dari bahan-bahan alami:

Jahe

Ternyata jenis tanaman obat satu ini dapat menghilangkan panu pada tubuh. Caranya cukup mudah, pertama parut jahe lalu campur dengan remasan semut hitam. Beri sedikit kayu putih oleskan pada tubuh yang panuan. Lakukan cara ini seblum tidur.

Belimbing wuluh

Tidak hanya segar jika digunakan untuk campuran masakan. Ternyata belimbing wuluh dapat mengobati panu pada tubuh. Ambilah 10 buah belimbing wuluh kemudian cuci dan tumbuk hingga halus.

Beri sedikit kapur sirih remas dan campurkan hingga rata. Jika sudah siap lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu. Lakukan kegiatan ini 2 kali dalam sehari dan dipastikan panu akan hilang dari tubuh.

Lengkuas

Lengkuas ternyata juga sangat mustajab untuk mengobati panu. Cara membuatnya adalah ambil lengkuas dan kapur sirih lalu tumbuk hingga halus. Gosok halus ramuan tersebut pada bagian yang terkena panu. Lakukan selama kurang lebih 2 kali dalam sehari.

Buah pala

Buah pala memang dipercaya mampu menghilangkan panu pada tubuh. Caranya cukup mudah adalah tumbuk buah pala dan belerang ditumbuk kemudian dicampur dengan minyak kelapa. Oleskan pada bagian tubuh yang terkena panu.

Daun sambiroto, widoro putih, babakan pule dan daun meniran

Untuk jenis tumbuhan ini memang diperuntukkan dikonsumsi, caranya sangat mudah cukup dengan merebus salah satu bahan diatas lalu minum air rebusannya.

***

Demikianlah pembahasan seputar penyakit panu dan 5 obat panu paling mustajab dari bahan-bahan alami yang dapat digunakan. Semoga sedikit ulasan yang kami berikan di atas dapat menambah wawasan dan bermanfaat.

Loading...