8 Penyebab Kanker Getah Bening yang Mematikan

Loading...

8 Penyebab Kanker Getah Bening yang MematikanPenyebab kanker getah bening menjadi sebuah informasi yang sangat bermanfaat bagi Anda. Dengan mengetahui informasi ini, minimal Anda bisa menghindari penyakit yang sangat mematikan itu.

Salah satu contoh yang bisa dilihat di layar kaca, yaitu kanker getah bening yang diderita oleh artis Olga Syaputra. Artis itu hingga dibawa ke Singapura untuk menjalani perawatan intensif. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah dan tetap menjaga kesehatan agar tubuh Anda tidak mudah terserang penyakit, baik yang ringan maupun yang berat, seperti kanker getah bening.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab kanker getah bening. Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian di bawah ini.

Loading...

Faktor keturunan

Ada yang menyatakan jenis kanker ini disebabkan oleh faktor keturunan. Jadi, seseorang yang terkena kanker getah bening, maka tidak menutup kemungkinan anaknya atau keturunannya kelak juga akan terjangkiti. Namun, prosentase faktor penyebab ini cukup kecil, apalagi jika rutin menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, pasti akan mudah terserang penyakit. Kekebalan tubuh didapat dari makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi. Ditambah dengan olahraga secara teratur akan menjadikan tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimiawi

Bahan-bahan kimiawi dalam makanan atau minuman, seperti bahan pengawet dalam makanan atau minuman kemasan atau kalengan. Selain itu, bahan pewarna dan penambah cita rasa juga mengandung bahan kimiawi. Sedapat mungkin hindarilah semua jenis makanan atau minuman seperti itu. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan yang alami dan segar.

Menerapkan gaya hidup yang tidak sehat

Salah satu penyebab kanker getah bening yang paling dominan, yaitu gaya hidup tidak sehat. Beberapa gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, meminum minuman yang beralkohol, kurang beristirahat, dan lain-lain. Semua perilaku tersebut secara langsung atau tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang.

Infeksi

Mekanisme pembengkakan kelenjar getah bening akibat infeksi, yaitu dengan cara peningkatan jumlah sel darah putih (limfosit) dan multiplikasi sebagai respon atas adanya zat asing yang masuk ke dalam tubuh (antigen).

Virus

Reaksi pertahanan terhadap infeksi yang umum diakibatkan oleh virus biasanya berupa demam. Selain itu, terjadi pembengkakan pada kelenjar getah beningnya. Anda pun bisa mengetahui pembengkakan atau peradangan, yaitu di sekitar leher bagian samping atau di belakang telinga.

Peradangan

Mekanisme peradangan terjadi selama infeksi kelenjar getah bening oleh zat-zat asing. Perlu Anda ketahui bahwa peradangan merupakan suatu bentuk sel darah putih yang mati oleh zat asing.

Kanker

Mekanisme penyusupan sel-sel kanker pada kelenjar getah bening sering menyebabkan pembengkakan. Bahkan, kelenjar getah bening yang bengkak tersebut dapat berubah menjadi keras dan menyebar ke tempat lain. Anda yang telah merasakan adanya pembengkakan di sekitar leher, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

**

Demikianlah 8 penyebab kanker getah bening. Semoga bermanfaat bagi Anda terutama yang masih awam mendengar jenis penyakit ini. Informasi yang disajikan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda di bidang kesehatan.

Loading...