4 Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

4 Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan TubuhKhasiat teh hijau ternyata sangat besar bagi tubuh. Kandungan alami dan herbal di dalam teh hijau mampu mencegah bakteri dan virus penyebab penyakit yang bisa menyerang tubuh Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi teh hijau.

Untuk dapat menikmatinya, Anda bisa membelinya teh hijau yang sudah dalam kondisi serbuk. Jadi, Anda tinggal menyeduhnya dengan air panas.

Namun demikian, Anda harus membeli teh hijau yang benar-benar masih alami dan tanpa pengawet di dalamnya. Dengan begitu, Anda bisa menyeruput secangkir teh hijau setiap hari tanpa takut terkena dampak yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja khasiat teh hijau bagi tubuh? Berikut informasinya untuk Anda.

Mengontrol berat badan

Teh hijau mengandung zat anti oksidan alami yang disebut dengan polifenol katekin. Anti oksidan yang terdapat pada teh hijau sepuluh kali jumlah yang bisa didapatkan dalam buah dan sayuran. Para ilmuwan telah menyelidiki bahwa terdapat 6 jenis katekin di dalam teh hijau, salah satunya bernama epigallocatechin gallate (EGCG).

Jenis katekin ini dapat meningkatkan kinerja metabolisme tubuh menusia, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori. Akibat positifnya dapat menurunkan berat badan dan bisa mencegah keinginan makan yang berlebih.

Menyegarkan nafas

Saat di minum, teh hijau dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit gigi dan gusi. Bakteri ini juga yang menyebabkan bau nafas tidak sedap. Anda cukup meminum teh hijau secara rutin setiap pagi untuk membersihkan dan menyegarkan bagian mulut dan kerongkongan.

Bahkan, Anda pun bisa membuat pasta gigi dari cairan daun teh hijau dan dicampur dengan 1 sendok teh baking soda. Pasta gigi ini dapat membantu mengurangi peradangan gusi dan mencegah pertumbuhan plak pada gigi Anda.

Menurunkan kadar kolesterol

Khasiat teh hijau selanjutnya, yaitu menurunkan kadar kolesterol. Teh hijau mengandung zat tanin, yang sudah dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh secara alami. Perlu Anda ketahui bahwa kolesterol jahat dapat menyumbat saluran peredaran darah hingga mengakibatkan penyakit jantung, stroke, dan lain sebagainya.

Sementara itu, studi ilmiah telah menunjukkan bahwa kandungan katekin pada teh hijau akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus, sehingga membantu mengurangi masalah kolesterol tinggi. Agar lebih efektif, sebaiknya Anda juga menghindari beragam jenis makanan yang mengandung makanan berkolesterol tinggi.

Menjaga kesehatan kulit

Kandungan anti oksidan yang tinggi pada teh hijau juga bermanfaat bagi kulit tubuh. Teh hijau juga mengandung sejumlah senyawa yang membantu kulit menjadi bercahaya. Manfaat tersebut dapat Anda rasakan setelah mengkonsumsinya secara teratur setiap hari.

Anda pun bisa membuat ramuan khusus untuk menyegarkan kulit wajah. Campurkan 100 gram teh hijau dan setengah liter air, dan diamkan selama 30 – 40 menit pada suhu kamar. Setelah itu, saring cairan dan simpan di dalam lemari es.

Gunakan campuran ini untuk menyegarkan wajah setelah seharian beraktivitas dan bekerja. Ramuan campuran dari teh hijau ini juga mengobati luka bekas tersengat panas matahari. Selain itu, Anda yang berjerawat tidak ada salahnya memakai ramuan dari teh hijau ini untuk menghilangkannya.

Itulah beberapa khasiat teh hijau yang bisa Anda ambil manfaatnya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan terutama di bidang kesehatan. Salam sehat selalu untuk Anda sekalian.

Loading...