3 Manfaat Madu untuk Ibu Hamil yang Luar Biasa

Loading...

3 Manfaat Madu untuk Ibu HamilManfaat madu untuk ibu hamil merupakan sebuah informasi yang perlu diketahui oleh semua orang, khususnya para wanita yang saat ini dengan mengandung atau hamil.

Dengan membaca informasi yang berguna dan bermanfaat ini, mereka minimal mengetahui bahwa madu memang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit, untuk kecantikan, dan bagi kesehatan ibu yang mengandung beserta janinnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengetahuinya untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai dunia kesehatan.

Lalu, apa saja manfaat madu untuk ibu hamil? Berikut informasinya untuk Anda.

Menjaga kondisi kesehatan ibu hamil

Perlu Anda ketahui bahwa madu mengandung bahan atau zat yang bersifat anti bakteri dan anti oksidan yang cukup tinggi. Madu memiliki sekitar 181 zat sebagai nutrisi yang berbeda-beda, seperti vitamin, mineral, asam amino, dan beberapa enzim.

Semua zat tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Begitu juga pada ibu hamil, dapat mengkonsumsi madu dengan porsi atau takaran yang pas dengan tujuan untuk menjaga kondisi kesehatannya.

Menjaga kekebalan tubuh

Zat anti oksidan dan anti bakteri yang terdapat pada madu dapat difungsikan untuk menjaga kekebalan tubuh seseorang, khususnya ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit. Oleh karena itulah, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi madu dengan takaran yang sudah ditentukan oleh pihak dokter atau bidan.

Kekebalan tubuh pada ibu hamil sangat penting untuk dijaga karena juga berpengaruh pada kesehatan janin yang ada dalam kandungannya. Sebisa mungkin ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi, khususnya untuk wanita hamil.

Mengobati penyakit ringan

Bagi Anda yang sebagai seorang ibu yang sedang hamil, biasanya saat kondisi tubuh lagi turun akan mudah terserang penyakit ringan, seperti sakit kepala, batuk, pilek, dan sebagainya.

Jangan sembarangan meminum obat penyakit tersebut secara sembarangan karena tidak menutup kemungkinan dapat berpengaruh pada pertumbuhan janin di dalam rahim. Untuk lebih amannya, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis kandungan atau bidan terdekat.

Namun, ada ramuan alami dan bersifat herbal yang ampuh dan berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit ringan yang diderita oleh ibu hamil, yaitu madu.

Pertama, untuk meredakan batuk. Madu sangat baik untuk meredakan batuk bagi ibu hamil secara alami. Madu juga tidak akan menimbulkan efek samping yang membahayakan ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Untuk meredakan batuk, Anda cukup mengkonsumsi 1 sendok makan madu.

Kedua, mengatasi perut mulas. Rasa mulas pada perut disebabkan oleh perubahan secara hormonal di dalam tubuh secara besar-besaran bagi ibu hamil. Rasa mulas ini akan berakibat fatal karena mengakibatkan ibu hamil kehilangan nafsu makannya. Hal itu tentu saja akan berpengaruh pada perkembangan janin yang di kandungnya. Untuk mengatasinya, Anda cukup mencampurkan 1 sendok makan madu pada segelas susu, kemudian minumlah hingga habis.
**

Itulah sedikit tulisan tentang manfaat madu untuk ibu hamil yang bisa Anda pelajari dan praktikkan cara-caranya. Perlu diingat bahwa jika merasa ada yang tidak normal pada tubuh atau perkembangan janin, segera berkonsultasi pada dokter spesialis kandungan atau bidan terdekat di sekitar tempat tinggal Anda.

Loading...