7 Manfaat Madu untuk Kecantikan

Loading...

7 Manfaat Madu untuk KecantikanMadu sejak dahulu sudah dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Bahkan hingga sekarang masih digunakan karena khasiatnya yang hebat. Kandungan nutrisi pada madu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus sebagai perawatan kecantikan bagi wanita.

Cara mendapatkan manfaat madu untuk kecantikan dapat dikonsumsi secara langsung maupun dioleskan pada bagian luar, yaitu di bagian kulit tubuh maupun pada wajah.

Lalu, apa saja manfaat madu untuk kecantikan? Untuk lebih jelasnya, bacalah uraian di bawah ini.

Melindungi kulit luar

Madu mengandung zat anti oksidan yang cukup tinggi. Selain itu, zat anti jamur dan zat anti mikroba dapat melindungi kulit bagian luar. Oleh karena itu, madu berkhasiat untuk menyembuhkan luka, bintik-bintik merah, dan melawan infeksi kulit.

Melembutkan kulit

Kandungan alami pada madu dapat digunakan untuk melembutkan kulit Anda. Cukup oleskan pada bagian kulit Anda secara merata dengan mencampurkan beberapa bahan lain, tentu akan lebih berkhasiat. Jadikan ramuan alami tersebut sebagai masker untuk kulit tubuh Anda.

Anti penuaan dini

Madu juga dapat membantu mencegah dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini di wajah Anda. misalnya, kerutan di wajah, bintik atau flek hitam, kulit yang kendur, dan sebagainya. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang memanfaatkannya agar bisa terlihat awet muda. Anda dapat membuat toner dari bahan dasar madu.

Caranya, campurkan 2 sendok teh lemon. 2 sendok teh madu, dan air secukupnya. Selanjutnya, masukkan campuran toner tersebut di dalam sebuah botol yang bersih, kemudian kocok hingga merata. Pergunakan setiap hari, yaitu dengan menuangkan secukupnya toner pada kapas, lalu mengoleskan secara merata di kulit wajah.

Menyembuhkan luka

Jika Anda mengalami luka pada kulit wajah, seperti lecet, tergores, atau yang lainnya oleskan saja madu pada bagian yang terluka. Dengan tujuan untuk mencegah infeksi atau pembengkakan pada bagian kulit yang terluka. Hal itu disebabkan madu mengandung bahan anti mikroba. Selain itu, esensi gula pada madu dapat mempercepat proses penyembuhan pada bagian luka.

Membersihkan kulit

Kandungan enzim alami pada madu ketika dicampur dengan air bersih dapat menjadi cairan antiseptik yang berkhasiat untuk melembutkan kulit wajah. Anda pun dapat mempraktikkannya untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan lembut. Dengan begitu, Anda dapat menjaga kecantikan wajah secara alami dengan madu.

Memelihara kesehatan kulit

Madu sangat berkhasiat untuk memelihara kesehatan kulit. Anda dapat menggunakan dua cara untuk memiliki khasiat yang satu ini. Cara pertama, yaitu mengkonsumsinya setiap hari. Baik secara langsung atau dicampurkan pada makanan atau minuman tertentu. Cara kedua, yaitu mengoleskan pada kulit di bagian tubuh, seperti wajah, tangan, kaki, dan yang lainnya. Silakan Anda mencobanya.

Menyembuhkan jerawat di wajah

Jerawat merupakan salah satu musuh bebuyutan bagi wajah seorang wanita. Oleh karena itu, tidak sedikit wanita yang menggunakan berbagai cara untuk menyembuhkannya dari wajah. Anda pun dapat menyembuhkan jerawat dengan cara alami, yaitu menggunakan madu.

Caranya, oleskan pada jerawat di wajah, lalu diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih. Kandungan anti bakteri pada madu sangat berkhasiat membunuh jerawat serta membersihkan noda di wajah.

**

Itulah beberapa manfaat madu untuk kecantikan. Tampil cantik alami menggunakan bahan alami tentu akan meminimalkan efek samping bahan kimiawi yang mungkin timbul pada kulit Anda.

Selamat mencoba.

Loading...