5 Gejala Kanker Payudara yang Harus Anda Waspadai

Loading...

5 Gejala Kanker Payudara yang Harus Anda WaspadaiGejala kanker payudara perlu dideteksi sedini mungkin. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Anda pun dapat secepat mungkin mencegah serta mengobati gejala awal kanker payudara yang mungkin ada ciri-cirinya di dalam tubuh.

Anda sebagai seorang wanita dianugerahi sepasang payudara oleh Tuhan. Pemberian tersebut harus selalu dijaga dan dirawat agar tetap sehat dan berfungsi dengan semestinya.

Tidak sedikit wanita yang menderita kanker payudara disebabkan tidak begitu memperhatikan kesehatan sepasang payudaranya. Mereka menerapkan gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat. Akibatnya, salah satu atau kedua payudaranya digerogoti oleh sel kanker yang berbahaya.

Lalu, apa saja gejala kanker payudara? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca  uraian di bawah ini.

Benjolan di sekitar payudara

Ada kalanya, seseorang baik pria maupun wanita merasakan adanya benjolan di sekitar dadanya, tetapi saat diraba tidak terasa sakit. Hal itu mungkin hanya peradangan biasa bagian kulit. Setelah beberapa hari biasanya akan mengempis kembali.

Tentu saja berbeda dengan benjolan karena terdapat sel kanker. Saat Anda raba bagian benjolan tersebut akan terasa nyeri dan sakit. Ukurannya cukup kecil sebesar kacang, tetapi lama kelamaan akan membesar seiring sel kanker yang mulai menyebar menggerogoti payudara seorang wanita. Biasanya terdapat di sisi kanan atau kiri payudara atau di dekat ketiak.

Untuk mendeteksi dini gejala kanker payudara, seorang wanita dapat mempraktikkan pemeriksaan payudara sendiri atau disingkat SADARI. Sebuah metode yang diciptakan oleh praktisi kesehatan wanita, yaitu dengan cara menyentuh, meraba, dan memijat bagian payudara untuk memastikan terdapat benjolan penyebab kanker payudara atau tidak.

Rasa nyeri di sekitar payudara

Gejala kanker payudara berikutnya, yaitu rasa nyeri pada bagian payudara, baik satu sisi saja maupun kedua-duanya. Rasa nyeri itu disebabkan oleh sel kanker yang mulai menggerogoti dan merusak bagian saraf pada payudara Anda. Rasa sakit itu lama kelamaan akan terus bertambah jika Anda tidak segera memeriksakan diri ke dokter dan memilih mengobatinya sendiri.

Rasa nyeri pada bagian payudara tersebut pada awalnya di salah satu sisi saja, yaitu di tempat terdapat benjolan atau peradangan. Biasanya, di sekitar ketiak atau lengan tangan. Selanjutnya, akan merambat ke bagian lain yang sebelumnya tidak terasa sakit.

Perubahan bentuk dan warna pada puting payudara

Seorang wanita yang mendapati dirinya terkena gejala kanker payudara, akan terlihat pada bentuk putingnya, baik di salah satu sisi payudara maupun kedua-duanya. Bentuk puting yang terlihat aneh dan tidak normal, yaitu tertarik ke dalam atau istilahnya retraksi. Hal itu disebabkan sel kanker yang sudah mulai menggerogoti bagian payudara hingga pada putingnya.

Selain itu, bentuk puting yang mengkerut, seperti kulit jeruk juga menjadi pertanda Anda mengalami gejala kanker payudara. Warna puting yang tidak normal, yaitu berwarna coklat kemerahan juga menjadi pertanda yang kurang baik. Biasanya, warna puting wanita Indonesia adalah hitam legam atau kecoklatan.

Puting payudara mengeluarkan darah

Salah satu gejala kanker payudara yang bisa dilihat, yaitu keluarnya darah pada bagian putingnya. Itu merupakan kelanjutan dari gejala awal sebelumnya dengan warna dan bentuk puting yang tidak normal.

Darah yang keluar dari bagian puting memang tidak semerah darah, tetapi kecoklatan karena bercampur dari cairan lain, seperti nanah. Jika Anda mengalami gejala seperti itu, tentu saja harus segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit untuk segera diketahui penyebabnya.

Pembesaran kelenjar getah bening

Pembesaran atau pembengkakan kelenjar getah bening merupakan gejala kanker payudara pada fase awal. Jika Anda merasakan saat meraba di sekitar payudara, ketiak, atau lengan terdapat pembengkakan, segeralah memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Tidak menutup kemungkinan hal itu merupakan gejala Anda terkena kanker payudara. Saat merabanya disertai rasa nyeri pada benjolan yang membengkak tersebut.

**

Demikianlah 5 gejala kanker payudara yang harus Anda waspadai. Sangat penting untuk mendeteksi dini gejala kanker payudara agar dapat segera dilakukan penanganan. Stay healthy, Ladies!

Loading...