5 Cara Mengobati Kanker Payudara

Loading...

5 Cara Mengobati Kanker PayudaraMengobati kanker payudara memang tidak mudah. Apalagi jika penderitanya sudah mengalami tingkat penyakit hingga stadium lanjut. Jika hal itu terjadi, dibutuhkan penanganan medis yang cukup serius, seperti operasi pengangkatan sel kanker atau pengangkatan payudara itu sendiri.

Namun begitu, masih ada cara untuk mencegah penyakit yang mematikan ini untuk terus menggerogoti bagian payudara seorang wanita. Salah satu cara yang praktis dan efektif, yaitu mengkonsumsi berbagai obat atau ramuan yang bersifat herbal.

Jika Anda mengalami gejala-gejala awal kanker payudara, segeralah memeriksakan ke dokter spesialis atau rumah sakit.

Lalu, apa saja cara-cara untuk mengobati kanker payudara? Untuk lebih jelasnya, perhatikan uraian di bawah ini.

Cara kemoterapi

Salah satu cara mengobati kanker payudara, yaitu dengan kemoterapi. Sebuah proses penanganan kanker payudara melalui pemberian obat-obatan anti kanker dalam bentuk pil atau kapsul yang harus dikonsumsi oleh pasien yang menderitanya.

Obat-obatan tersebut dapat diberikan ke tubuh penderita lewat infus dalam bentuk cairan. Dengan begitu, seluruh sel kanker dalam tubuh seseorang dapat musnah hingga ke akar-akarnya. Obat anti kanker tersebut memang bersifat  menyeluruh untuk membunuh sel kanker di dalam tubuh.

Setelah melakukan kemoterapi, penderita kanker akan mengalami beberapa efek samping. Misalnya, mereka akan mengalami mual dan muntah, rambut yang mengalami kerontokan hingga tak tersisa sedikit pun dari kepala.

Cara radiasi

Cara mengobati kanker payudara berikutnya, yaitu dengan radiasi. Sebuah proses penyinaran dilakukan pada bagian payudara seorang wanita yang terdapat sel kanker. Penyinaran menggunakan sinar X dan sinar gamma. Dengan tujuan, membunuh seluruh sel kanker pada bagian payudara wanita.

Teknik radiasi ini diambil setelah pasien melakukan operasi pengangkatan kanker payudara. Hal itu dilakukan karena tidak semua sel kanker akan musnah semua setelah dilakukan operasi pengangkatan.

Oleh karena itu, dilakukan teknik radiasi sebagai langkah antisipasi untuk membunuh seluruh sel kanker yang masih tersisa pada bagian payudara. Efek samping setelah menggunakan teknik ini, antara lain tubuh terasa lemah, nafsu makan berkurang, serta warna kulit payudara yang kehitaman.

Cara mengobati dengan asam bifosfonat

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli kedokteran dunia menyebutkan jika asam bifosfonat, yaitu sebuah senyawa penghambat aktivitas pengeroposan tulang ternyata efektif membunuh sel kanker, terutama yang menggerogoti bagian payudara seorang wanita.

Cara pemakaiannya memang cukup rumit. Oleh karena itu, belum banyak penderita kanker payudara yang memakai teknik pengobatan semacam ini. Asam bifosfonat dapat dikonsumsi secara langsung lewat mulut atau bisa melalui infus. Namun perlu Anda ketahui bahwa asam bifosfonat yang dikonsumsi dalam jangka panjang dapat menurunkan fungsi ginjal.

Cara mastektomi

Mastektomi digunakan untuk melakukan operasi pengangkatan payudara. Wanita yang menderita kanker payudara hingga stadium lanjut memang hanya dapat diobati dengan cara ini untuk menyelamatkan nyawanya. Ada tiga jenis mastektomi, antara lain sebagai berikut.

Pertama, Modified Radical Mastectomy. Teknik operasi pengangkatan seluruh payudara yang terkena sel kanker. Seluruh bagian payudara akan diambil yang meliputi jaringan di tulang dada, tulang selangka, tulang iga. Bahkan, pada benjolan di bagian ketiak juga diangkat.

Kedua, Total Simple Masectomy. Teknik operasi pengangkatan seluruh bagian payudara yang terkena sel kanker. Kecuali, pada kelenjar di ketiak yang tidak ikut diangkat.

Ketiga, Radical Masectomy. Teknik operasi pengangkatan sebagian payudara yang sudah digerogoti sel kanker. Pengangkatan hanya dilakukan pada bagian-bagian jaringan yang mengandung sel kanker, jadi tidak seluruh payudara. Jenis operasi pengangkatan payudara ini dilakukan pada wanita yang memiliki tumor berukuran kurang dari 2 cm.

Cara alternatif dengan obat-obatan herbal

Obat-obatan atau ramuan herbal saat ini menjadi tren atau booming sebagai cara mengobati kanker payudara alternatif dalam mengatasi berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh manusia. Misalnya, penyakit kanker payudara yang menyerang bagian organ sensitif seorang wanita.

Beberapa produsen obat-obatan herbal menjamin dapat menyembuhkan penyakit tersebut hingga ke akar-akarnya. Tentu saja dengan obat atau ramuan herbal yang ditawarkan dan dijualnya. Beragam tanaman alami yang tumbuh di daratan Indonesia dipercaya berkhasiat dan sangat ampuh mencegah dan menyembuhkan penyakit tertentu.

Belilah sebuah produk herbal  yang benar-benar berkualitas dan dapat dipercaya, sehingga memang terbukti ampuh mengobati kanker payudara.

Loading...