6 Makanan Ibu Hamil yang Bergizi dan Kaya Nutrisi

Loading...

Jenis Makanan Ibu Hamil yang Bergizi dan Kaya NutrisiMakanan ibu hamil harus memenuhi kriteria kesehatan, yaitu bergizi dan kaya akan nutrisi. Oleh karena itu, ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi jenis makanan secara sembarangan. Hal itu bertujuan agar terjaga dan terawat kesehatan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya.

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini sudah banyak dijual di pasaran berbagai suplemen makanan untuk ibu hamil. Kebanyakan memang dalam bentuk susuk formula dengan kandungan gizi lengkap di dalamnya.

Susu formula tersebut memang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya, jika dikonsumsi dengan aturan yang dianjurkan. Namun demikian, sangat lebih baik jika ibu hamil mengkonsumsi berbagai jenis makanan alami yang tentu saja gizi dan nutrisinya tidak diragukan lagi.

Lalu, jenis makanan ibu hamil apa yang perlu dikonsumsi? Untuk lebih jelasnya, bacalah  informasi di bawah ini.

Daging merah tanpa lemak

Daging merah merupakan sumber protein hewani yang cukup tinggi. Namun ingat, jangan mengkonsumsi yang berlemak karena kandungan kolesterol jahatnya cukup tinggi. Untuk ibu hamil, cukup mengkonsumsi daging merah seminggu sekali atau menurut petunjuk dari dokter atau bidan yang mendampinginya.

Ikan salmon

Ikan salmon merupakan salah satu makanan ibu hamil yang kaya akan protein berkualitas tinggi dan sumber lemak Omega 3. Oleh karena itu, ikan salmon sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun demikian, jangan mengkonsumsi ikan salmon terlalu banyak untuk mengantisipasi kandungan merkuri yang mungkin masih terdapat pada bagian ikan.

Telur

Di dalam sebutir telur ayam, mengandung 12 vitamin, mineral, dan protein yang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil. Selain itu, telur mengandung kolin yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin dan kesehatan otaknya, serta mencegah cacat saraf bawaan. Bahkan, telur mengandung lemak Omega 3 yang juga penting untuk perkembangan otak dan penglihatan sang janin dalam perut ibu.

Sayuran hijau

Sayuran hijau yang masih segar sangat baik untuk dikonsumsi wanita hamil. Sayuran tersebut mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin, zat besi, dan folat. Sebagai contoh, sayuran bayam, kangkung, serta tomat dan wortel jangan pernah Anda lupakan dalam setiap menu makan setiap hari.

Buah-buahan

Secara umum, buah-buahan segar sangat baik untuk semua orang, tak terkecuali ibu hamil. Kandungan vitamin yang cukup banyak sangat penting sebagai asupan nutrisi di dalam tubuh. Zat anti oksidan dan kandungan airnya juga bermanfaat untuk pertumbuhan janin dan ibu hamil. Buah-buahan tersebut dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman, seperti jus yang menyegarkan.

Kacang-kacangan

Ada cukup banyak jenis kacang yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti kacang buncis, kacang panjang, kacang merah, kacang kedelai, dan lain sebagainya. Kacang-kacangan tersebut selain mengandung protein nabati juga zat besi, folat,kalsium, dan seng.

**

Itulah beberapa jenis makanan yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatannya serta janin dalam kandungannya. Semua jenis makanan seperti yang ditulis di atas bisa Anda dapatkan dengan mudah, yaitu membelinya di pasar tradisional maupun supermarket. Menjaga kesehatan ibu hamil sangat penting untuk dilakukan, salah satunya melalui makanan ibu hamil yang kaya nutrisi.

Loading...