Beragam Khasiat Susu Kedelai untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Loading...

Beragam Khasiat Susu Kedelai untuk Menjaga Kesehatan TubuhKhasiat susu kedelai untuk tubuh sangat besar. Hal itu dikarenakan kandungan gizi dan nutrisinya sangat penting bagi asupan tubuh. Lagipula, susu kedelai juga rendah lemak tidak seperti susu sapi atau dari binatang lain.

Susu ini sangat cocok untuk diminum setiap hari karena tidak membuat tubuh Anda gemuk. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi susu kedelai secara rutin karena khasiatnya cukup banyak terutama untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Lalu, apa saja khasiat susu kedelai bagi tubuh? untuk lebih jelasnya, silakan menyimak  informasi di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai

Perlu Anda ketahui bahwa zat atau bahan nutrisi dalam segelas susu kedelai, antara lain serat, karbohidrat, vitamin E dan vitamin K, dan asam lemak esensial. Selain itu, ada sejenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedelai, disebut Lisin.

Kacang kedelai mengandung sembilan asam amino esensial yang di dalamnya termasuk protein yang dibutuhkan tubuh Anda. Selanjutnya, asam amino tersebut diubah menjadi protein. Dengan tujuan menumbuhkan kembali sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh, dan membantu meningkatkan stamina dan energi.

Vitamin dan mineral juga terkandung dalam susu kedelai. Beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu kedelai, antara lain kalsium, zat besi, riboflavin, dan vitamin B12.

Khasiat Susu Kedelai

Dengan memperhatikan kandungan nutrisi dari susu kedelai, maka tidak mengherankan jika minuman ini sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

  • Mencegah penyakit jantung

Dengan meminum susu kedelai secara teratur, bisa mencegah penyakit jantung. Mereka yang menderita penyakit jantung dikarenakan peredaran darahnya di organ jantung tersumbat oleh timbunan lemak dan kolesterol.

Oleh karena itu, penderita penyakit jantung direkomendasikan untuk melakukan diet sehat, yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang rendah lemak jenuh, salah satu susu kedelai. Susu kedelai dapat Anda siapkan pada saat makan pagi, sebelum Anda beraktivitas sehari-hari.

  • Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

Khasiat susu kedelai selanjutnya, yaitu menurunkan hipertensi. Kandungan protein tinggi dalam segelas susu kedelai bisa menurunkan penyakit tekanan darah tinggi yang diderita seseorang. Mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan tekanan darah di dalam tubuh seseorang.

Jika Anda mengalami gejala hipertensi, jangan lupa untuk mengkonsumsi susu kedelai minimal segelas sehari untuk menurunkannya. Dengan meminumnya secara teratur dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Beberapa gejala hipertensi, seperti pusing atau sakit kepala, nafsu makan berkurang, lemah, letih, dan lain sebagainya dapat terhindarkan.

  • Mengurangi kadar kolesterol dalam darah

Susu kedelai yang rendah lemak jenuh dan kaya protein sangat bagus untuk diminum oleh siapa pun, kecuali mereka yang alergi. Dengan meminumnya secara teratur, tidak akan menimbun lemak dan kolesterol yang bisa menghambat peredaran darah dalam tubuh. Kolesterol jahat sedikit demi sedikit akan terkikis dari dalam tubuh, sehingga kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan melakukan gaya hidup yang sehat, seperti berolahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Dengan begitu, bukan tidak mungkin segala penyakit akan menyingkir dari tubuh Anda.

Demikian informasi mengenai kandungan nutrisi dan khasiat susu kedelai untuk kesehatan tubuh. Selamat minum susu!

Loading...