4 Obat Keputihan Alami untuk Wanita

Loading...

4 Obat Keputihan Alami untuk WanitaObat keputihan alami sebaiknya digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit yang menyerang organ intim wanita. Anda sebagai seorang wanita yang masih single atau sudah berumah tangga, pasti akan merasa terganggu sekali saat mengalami keputihan.

Beberapa tanda yang biasa dialami oleh wanita yang mengalami keputihan, antara lain rasa gatal pada bagian vagina, keluar cairan kekuningan, serta bau yang tidak sedap.

Apalagi Anda yang sudah berumah tangga, tentu saja akan berpengaruh pada keharmonisan hubungan suami istri. Pasalnya, wanita yang mengalami keputihan tidak bisa berhubungan intim dengan nyaman. Sementara di pihak suami, pasti tidak mau melakukan hubungan intim jika istrinya mengalami keputihan.

Namun jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai obat herbal keputihan. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi di bawah ini.

Daun sirih

Daun sirih sudah dipercaya oleh banyak orang sejak zaman dulu dapat mengurangi rasa gatal dan bau tak sedap pada bagian vagina wanita karena keputihan.

Pembuatan ramuannya cukup mudah, yaitu rendam beberapa lembar daun sirih selama 1 jam dalam air panas. Selanjutnya, diamkan hingga dingin, lalu bersihkan bagian vagina Anda dengan cara membasuhnya.

Anda bisa melakukan 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari. Dijamin, gejala keputihan pada vagina Anda akan menghilang.

Bawang putih

Bawang putih juga dapat dijadikan obat keputihan alami. Perlu Anda ketahui bahwa bawang putih mengandung zat antibiotik yang sangat manjur dan mujarab untuk mengobati berbagai penyakit. Bawang putih dapat mengatasi bakteri jahat yang ada dalam liang vagina penyebab keputihan.

Cara penggunaannya, yaitu ambil bawang putih sekitar 400 mg untuk diambil ekstraknya dengan cara ditumbuk atau diblender. Campurkan dengan air hangat secukupnya, kemudian basuhlah pada vagina Anda 2 – 3 kali. Diamkan sejenak, kemudian basuh vagina hingga bersih.

Bau bawang putih yang menyengat bisa diminimalisir dengan mengusap vagina dengan tisu antiseptik.

Biji buah mangga

Pada bagian biji buah mangga juga berkhasiat untuk mengobati keputihan. Cara pembuatan ramuannya, yaitu keringkan biji buah mangga, lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Campurkan air hangat pada bubuk biji buah mangga, lalu oleskan pada bagian vagina.

Anda bisa melakukan secara teratur sehari sekali untuk menyembuhkan keputihan. Oleh karena itu, saat Anda memakan buah mangga jangan terburu-buru untuk membuang bijinya. Simpan saja di dalam kulkas, siapa tahu suatu saat nanti bisa Anda manfaatkan untuk mengobati keputihan.

Kunyit

Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang berkhasiat untuk mengobati keputihan pada wanita.

Cara pembuatan ramuannya cukup mudah, Anda cukup mengambil sekitar 20 gram kunyit, kemudian potong kecil-kecil dan bersihkan. Sediakan juga 10 gram daun sambiloto dan sekitar 15 gram kulit delima kering. Rebuslah semua bahan-bahan tersebut dalam air bersih sekitar 800 cc dan sisakan hingga menjadi 300 cc air rebusan.

Setelah dingin, saring dan konsumsi air rebusan tersebut 2 kali sehari pada pagi dan malam hari. Lakukan cara ini secara rutin yang bisa Anda jadikan sebagai obat keputihan alami.

Loading...