Blog Monetizing Part II; Broker-Broker Utama Paid Review (Paid Blogging)

Loading...

Broker Paid Review Paid BloggingProgram Paid Review (di luar negeri lebih dikenal dengan Paid Blogging) memang menjadi ‘kiblat’ keuangan sebagian besar blogger saat ini.

Selain lebih terasa ‘cepat’ melakukan pembayaran, adanya kepastian pendapatan dari setiap review post yang kita buat, secara umum, prosedur untuk dapat ikut dalam program Paid Review juga cukup mudah bagi blogger pemula sekalipun.

Asalkan review dibuat secara benar dan mengikuti aturan dari broker, maka earning dollar pun akan siap masuk ke account Paypal kita.

Nah, setelah mengawali postingan Blog Monetizing bagian pertama, maka pada postingan kali ini kita akan membicarakan broker-broker utama program Paid Review yang bisa kita ikuti:

Pay Per Post
PayPerPost.Com adalah broker Paid Review terbesar saat ini. Pengalaman yang sudah cukup lama dalam dunia Paid Review menempatkan PayPerPost pada posisi teratas broker Paid Review. Selain itu, adanya program PayperPost Direct cukup banyak membantu para blogger menemukan job dari advertiser meskipun blog mereka belum di-approve oleh PayPerPost.

Enaknya di PayPerPost, ada banyak sekali job yang bisa diperoleh blogger setiap hari, ditambah program affiliasi (referral)-nya yang lumayan menggiurkan bayaran komisinya. Hanya saja, selain aturan-aturannya ribet, untuk bisa di-approve oleh broker ini , seorang blogger mesti memiliki blog/situs yang benar-benar ‘qualified’, maintenance baik, posting regular dan traffik yang tidak rendah.

Banyak blogger yang harus bolak-balik untuk mendaftarkan blognya karena faktor yang satu ini. Di samping semua itu, ada hal yang tidak terlalu bagus.

Program PayPerPost juga sepertinya sudah di-mark oleh ‘spider Google’ sebagai paid links program, sehingga sebagian besar blogger yang ikut dalam program ini mengalami penurunan Page Rank (PR) secara signifikan.

SponsoredReview
SponsoredReview adalah broker Paid Review yang relatif mudah dan menguntungkan bagi para blogger pemula. Komisi yang dipotong dari setiap job yang dikerjakan blogger adalah sebesar 35%, jadi blogger mendapatkan 65% pembayaran dari harga sebuah job yang diberikan advertiser. Bayaran dari setiap job biasanya berkisar antara $5-$500 USD.

Di SponsoredReview, Blogger bisa bernegosiasi dengan advertiser dengan melakukan bidding, serupa dengan melakukan negosiasi untuk mengerjakan job yang disediakan oleh advertiser.

Selain itu, blog dengan Page Rank rendah, asal memiliki link popularity yang lumayan atau Alexa rank yang bagus, sudah bisa diterima di SponsoredReview. Earning yang kita peroleh di SponsoredReview dibayar setiap dua pekan sekali melalui Paypal. Hal lain yang cukup menjanjikan di SponsoredReview adalah program Afiliasi dengan bayaran komisi yang cukup tinggi. Penasaran? Daftar saja di sini.

ReviewMe
ReviewMe sebenarnya satu perusahaan dengan Text Link Ads (TLA), bernaung di bawah MediaWhiz Company. Saya sendiri sudah bergabung di ReviewMe sejak bulan lalu dan mendapat earning yang cukup lumayan dari sini.

Untuk bisa diterima sebagai publisher di ReviewMe, kita mesti punya blog atau situs yang memiliki Alexa Rank ‘lumayan’ dan Feed Subscriber yang banyak. Saya lihat faktor Page Rank tidak terlalu berpengaruh di sini.

Jika account kita sudah diterima berikut blog-blognya, maka akan ada notifikasi di bagian Dashboard yang menunjukkan jumlah job maksimal yang bisa diterima dalam sebulan. Jadi tinggal pinter-pinter memilih job punya bayaran terbesar.

RevieMe mewajibkan blogger untuk menaruh kalimat penjelas di setiap postingan review yang mereka buat bahwa itu adalah postingan berbayar atau iklan.

Hal lainnya, ReviewMe sebenarnya juga punya program Affiliasi, tapi tidak seperti SponsoredReview, affiliasinya hanya untuk mereferensikan Advertiser, bukan Publisher/Blogger. Bagaimana pembayaran ReviewMe? Di broker ini kita dibayar setiap awal bulan, bisa melalui Paypal, Cek maupun PayOneer.

Blogsvertise
Saya kira blogger pemburu dollar yang ada di Indonesia pasti tidak asing lagi dengan broker yang satu ini. Mendaftar di Blogsvertise juga sangat mudah, biasanya bahkan blog dengan PR 1 juga sudah diterima, tapi akan jarang dapat job.

Blog yang memiliki Page Rank yang tinggi (PR2 ke atas) akan lebih sering mendapat job, baik melalui email maupun leat Grab Bag Task (GBT). Asal rajin buka-buka account pada jam-jam tertentu, GBT akan kamu dapat.

Lainnya, program affiliasi Blogsvertise juga mirip dengan ReviewMe, hanya untuk advertiser saja. Pembayaran Blogsvertise dilakukan 30 hari setelah kita men-submit URL postingan review di account kita, lewat Paypal.

Smorty
Smorty sebenarnya broker Paid Review yang cukup menggiurkan. Hanya saja, pada beberapa waktu terakhir, aturan-aturannya semakin diperketat. Peluang untuk mendapat job dari Smorty juga terbuka setiap hari, yang penting rajin bukan account. Bayaran di Smorty dipatok minimal $6 USD setiap postingan dan dikirimkan setiap seminggu sekali lewat Paypal.

Ada yang bagus dari Smorty, yakni program Affiliasinya. Program affiliasi Smorty berlaku seumur hidup, sepanjang blogger/publisher yang anda referensikan masih memiliki penghasilan dari Smorty.

Blogitive
Blogitive adalah Paid Review broker yang mematok bayaran dari setiap review yang kita buat sebesar $5 USD saja, meskipun blog kita memiliki PR tinggi atau Link Popularity ribuan. Pembayaran dilakukan melalui Paypal sepekan sekali.

Hanya saja, hingga saat ini, advertiser di Blogitive sangat sedikit, sehingga peluang mendapat job juga akan sangat kurang. Tapi nggak apa-apa kan mencoba peruntungan? ๐Ÿ™‚

LoudLaunch
LoudLaunch menyajikan layanan Paid Review seperti PayPerPost dan ReviewMe. Setiap publisher/blogger yang mengerjakan review post diwajibkan memasang badge, logo atau kalimat yang menjelaskan bahwa postingan tersebut adalah berbayar pada bagian bawahnya. Pembayaran earning dilakukan melalui Paypal.

BloggerWave
BloggerWave adalah Paid Review broker yang berbasis di Norwegia. Mereka mematok harga setiap postingan review sebesar $10 USD. Hanya saja, job di BloggerWave biasanya sangat sepi. Selain itu, beberapa blogger yang ikut BloggerWave mengalami keterlambatan pembayaran earning mereka, sehingga menggelari BloggerWave sebagai broker SCAM.

PayU2Blog
PayU2Blog berumur relatif muda di dunia Paid Review, tapi mengalami perkembangan yang cukup berarti. Untuk bisa diterima sebagai Publisher di PayU2Blog, blog yang didaftarkan harus dari hostingan sendiri (hosting berbayar), bukan dari layanan free hjost semisal blogspot atau wordpress. Pembayaran earning dilakukan melalui Paypal setiap 2 pekan.

BloggingAds
BloggingAds juga adalah broker Paid Review yang sudah cukup lama beroperasi di dunia internet. Setiap blog yang di-approve di BloggingAds hanya bisa memuat review post maksimal 3 buah dalam sebulan, dengan harga setiap postingan biasanya hanya berkisar $5 USD.

Tapi, untuk mereka yang tidak punya banyak waktu untuk membuat review sendiri, BloggingAds merupakan pilihan jitu. BloggingAds menyediakan review text yang sudah jadi berikut link-link advertiser di dalamnya, dan blogger tinggal meng-copy-paste-nya saja ke blog yang diberikan job tersebut.

Hanya saja, saat membuat postingan ini, situs BloggingAds sementara down (?) atau juga disuspend (suspended). Nggak tahu juga kenapa.

V7N Contextual
V7N Contextual sebenarnya bukan murni broker Paid Review saja karena kadangkala advertiser tinggal mencocokkan keywords yang ada dalam postingan kita dengan link iklan mereka. Setiap link dibayar sebsar $10 USD dan pembayaran melalui Paypal. Untuk mendaftar di V7N Contextual, kamu harus menjadi member di forum V7N.

LinkWorth
LinkWorth bukan hanya menyediakan layanan Text Link saja, melainkan juga menyediakan layanan Contextual Links dengan bayaran yang tinggi (70%).

Di LinkWorth, setiap kali ada job yang diberikan advertiser, maka LinkWorth akan mengabarkannya melalui email account kita. Pembayaran juga dilakukan melalui Paypal.

InBlogAds
InBlogAds adalah jaringan broker Paid Review yang memungkinkan kita dapat menjual text link seperti halnya membuat review postingan. Sekali membuka account, maka kita sudah bisa menjadi pubsliher/blogger maupun sebagai advertiser di InBlogAds. Cuma saat ini InBlogAds kelihatannya tidak cukup berkembang baik.

Broker Lainnya
Bagian ini bukan bermaksud menganaktirikan broker Paid Review yang lain, tetapi untuk menghemat waktu saja. Selain broker-broker Paid Review di atas, kamu juga bisa mengadu keberuntungan di BloggerTizer, Dewitts Media, LinkyLoveArmy, BlogtoProfit, Creamaid atau di BuyBlogReviews.

Update:
Ada broker Paid Review terbaru yang diluncurkan awal bulan Maret ini. Namanya BlogPayz. Coba saja semuanya! ๐Ÿ™‚

Selamat mencoba peruntungan Anda! Semoga sukses. ๐Ÿ™‚

Loading...