Kandungan Nutrisi Dan Khasiat Buah Naga untuk Kesehatan

Loading...

Kandungan Nutrisi Dan Khasiat Buah Naga untuk KesehatanKhasiat buah naga sangat beragam dan baik untuk kesehatan tubuh. Siapa tahu Anda yang selama ini rutin mengkonsumsinya belum mengetahui kandungan nutrisi dan khasiat dari buah ini.

Buah naga dilihat dari warna daging buahnya terdiri atas dua, yaitu berwarna merah dan putih. Kandungan gizi dan nutrisinya sama, hanya warnanya saja yang berbeda.

Pada tahun baru Cina atau Imlek, buah naga menjadi sangat populer karena wajib untuk dihidangkan di atas meja oleh mereka yang merayakannya, terutama yang daging buahnya berwarna merah. Para penjualnya pun bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit.

Sementara bagi mereka yang rutin mengkonsumsinya, sudah seharusnya mengetahui kandungan dan khasiat dari buah naga yang menyehatkan. Saat ini buah naga bukan menjadi buah yang mahal dan eksklusif lagi. Pasalnya, tidak sedikit orang yang sudah membudidayakannya dan menjualnya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkannya lebih mudah.

Kandungan nutrisi buah naga

Perlu Anda ketahui bahwa buah naga mempunyai nama latin Hylocereus polyrhizus. Tanamannya termasuk dalam rumpun tumbuhan kaktus. Oleh karena itu, buah naga dapat dikembangbiakkan di lahan yang minim air.

Kandungan nutrisi dalam buah naga cukup beragam, yaitu kalori, protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B12, serta kandungan air yang cukup banyak. Begitu banyaknya kandungan nutrisi di dalam buah, sehingga buah ini tidak ada salahnya untuk Anda konsumsi setiap hari. Dengan begitu, kesehatan serta kesegaran tubuh Anda dapat terjaga setiap hari.

Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa menjadikan buah naga menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang enak dan bercita rasa tinggi. Misalnya, dijadikan campuran puding, agar-agar, dibuat jus, atau yang lainnya. Untuk anak-anak, buah naga juga dapat dikonsumsi mereka untuk menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat buah naga bagi kesehatan

Kandungan vitamin dalam buah naga dapat menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, kandungan vitamin B1, B2, dan B3 sangat baik untuk organ jantung. Sementara itu, kandungan vitamin C yang cukup banyak pada buah naga memiliki zat anti oksidan.

Zat tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari serangan kuman, virus, serta bakteri penyebab datangnya penyakit. Bahkan, bisa mencegah sel kanker untuk berkembang biak di dalam tubuh.

Buah naga juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit tubuh. Bahkan, kulit tubuh menjadi lebih halus, tidak kering, dan tidak kendur. Tentu saja memiliki kulit tubuh seperti itu sangat didambakan bagi Anda seorang wanita.

Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu Anda cukup menghaluskan daging buah naga dengan blender, lalu oleskan di kulit tubuh atau wajah Anda. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan kulit tubuh yang mempesona.

Khasiat selanjutnya, yaitu sebagai penambah nafsu makan bagi anak-anak. Anda yang memiliki buah hati yang susah makannya dan kebanyakan mengkonsumsi jajanan yang tidak sehat. Anda bisa memberikan buah naga untuk dimakan secara rutin agar nafsu makannya meningkat.

Anda juga bisa mengolah buah naga tersebut menjadi berbagai jenis makanan dan minuman yang lain agar anak-anak lebih tertarik untuk mengkonsumsinya.

Loading...