7 Manfaat Daun Pisang dalam Kehidupan Sehari-Hari

Loading...

7 Manfaat Daun Pisang dalam Kehidupan Sehari-HariManfaat daun pisang cukup banyak untuk Anda ketahui. Hampir semua bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Orang-orang pedesaan mungkin yang lebih banyak memanfaatkannya karena di desa pohon pisang masih banyak tumbuh secara alami, sehingga dapat diambil daunnya dengan gratis. Berbeda di perkotaan, Anda yang ingin mencarinya harus membeli di pasar tradisional atau supermarket.

Lalu, apa saja manfaat daun pisang dalam kehidupan sehari-hari? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca informasi di bawah ini.

Dijadikan penutup makanan

Daun pisang dapat dijadikan sebagai penutup hidangan berbagai makanan di atas meja makan. Berbagai makanan dan masakan untuk makan bersama biasanya disajikan di meja makan atau alas tertentu. Anda bisa menutupi makanan dan masakan tersebut dengan daun pisang agar cita rasanya lebih tahan lama. Dengan begitu, saat disantap dan dimakan makanan tersebut masih segar dan sedap.

Pembungkus makanan

Manfaat daun pisang lainnya, yaitu sebagai pembungkus makanan. Tidak sedikit orang yang masih membungkus makanan dan masakan tradisional dengan daun pisang. Hal itu dikarenakan daun pisang mengandung zat yang bernama polifenol di dalamnya. Perlu Anda ketahui bahwa polifenol juga terdapat pada daun teh yang membuat aroma teh sangat wangi.

Begitu juga daun pisang, makanan dan masakan yang dibungkus dengan daun pisang akan membuat aromanya lebih terasa dengan cita rasa yang lebih enak. Beberapa jajanan tradisional juga masih menggunakan daun pisang sebagai pembungkus.

Masakan lebih tahan lama

Daun pisang juga bisa membuat makanan atau masakan lebih tahan lama. Tidak heran jika masih banyak orang yang melakukan hal seperti itu. Pasalnya, daun pisang membuatnya lebih tahan lama tanpa mengandung bahan pengawet buatan.

Sebagai contoh, Anda pasti mengetahui tempe kedelai, bukan? Tempe yang dibungkus dengan daun pisang akan lebih tahan lama dan tidak cepat membusuk hingga berhari-hari.

Pelengkap ritual keagamaan

Manfaat daun pisang selanjutnya, yaitu sebagai pelengkap untuk ritual keagamaan. Di beberapa daerah terutama di pedesaan, masih dilakukan berbagai ritual keagamaan tertentu yang memakai sesaji dengan berbagai makanan yang dibawa. Daun pisang dijadikan alas atau penutup untuk makanan pada sesaji tersebut.

Ramuan penurun demam

Daun pisang juga bisa digunakan untuk menurunkan demam pada anak-anak. Caranya cukup mudah, yaitu ambil selembar daun pisang yang masih muda, lalu oleskan minyak kelapa pada permukaannya. Tempelkan daun pisang tersebut di bagian dahi, leher, perut, dan punggung pada anak yang menderita demam. Diamkan sekitar 30 menit agar khasiatnya meresap ke dalam tubuh. Ulangi beberapa kali hingga demannya turun.

Dijadikan payung

Daun pisang dapat dijadikan payung pada saat musim penghujan. Daun pisang yang belum tersobek-sobek sifatnya kedap air atau tahan air. Oleh karena itu, sebagian orang menjadikannya sebagai pelindung atau difungsikan sebagai payung di musim hujan. Masyarakat tradisional yang tinggal di pedesaan masih banyak yang memanfaatkan daun pisang sebagai payung karena mudah dan gratis untuk mendapatkannya.

Dibuat berbagai mainan tradisional

Daun pisang pun dapat dibuat berbagai mainan tradisional. Mainan tradisional tersebut menggunakan bahan dasar dari daun pisang. Biasanya, mainan tersebut dibuat cukup sederhana bentuknya, seperti baju, orang-orangan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa manfaat daun pisang dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana menurut Anda?

Loading...