4 Langkah Diet bagi Penderita Maag

Loading...

4 Langkah Diet bagi Penderita MaagDiet bagi penderita maag membutuhkan pengaturan yang lebih khusus. Hal itu dikarenakan seorang yang menderita penyakit maag tidak dapat mengosongkan kondisi lambungnya untuk waktu yang lama.

Oleh karena itu, dibutuhkan pola makan sehari-hari yang lebih teratur, tetapi tetap mengurangi porsi makannya pada saat makan pagi, siang, dan sore hari.

Perlu Anda ketahui bahwa kebanyakan orang yang menderita maag memiliki berat badan lebih. Mereka selalu rutin mengkonsumsi berbagai jenis makanan setiap waktu dengan tujuan agar lambungnya tidak kosong. Langkah itu dipakai untuk mengantisipasi gejala maag yang bisa muncul sewaktu-waktu, seperti perut kembung, perih, dan pedih.

Sebenarnya pemikiran seperti itu tidak seluruhnya benar karena lambung yang kosong belum tentu membuat gejala maag akan kuat, asalkan seseorang dapat mengatur pola makannya lebih teratur dengan waktu yang tepat.

Lalu, langkah-langkah apa saja yang direkomendasikan saat diet bagi penderita maag? Untuk lebih jelasnya, silakan baca uraian di bawah ini.

Mengatur pola makan sehari-hari

Seseorang yang menderita maag harus selalu melakukan waktu makan dengan disiplin dan jangan sampai telat. Kondisi perut yang kosong sama sekali hanya akan membuat produksi asam lambung yang berlebih. Akibatnya, gejala penyakit maag akan muncul serta lambung terasa sakit.

Praktikkan dengan mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil setiap tiga jam sekali. Hal itu akan menghindarkan Anda dari gejala maag yang kambuh. Cara pengaturan seperti ini sangat efektif untuk melakukan diet bagi penderita maag.

Mengkonsumsi makanan kecil yang sehat

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet mengkonsumsi cemilan atau istilahnya ngemil sangat terlarang dilakukan karena hanya akan menyebabkan berat badan bertambah.

Bagi Anda yang menderita penyakit maag sekaligus sedang berdiet silakan ngemil tetapi dari cemilan yang menyehatkan, seperti pisang, melon, semangka, jeruk, atau yang lainnya. Cemilan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh Anda karena mengandung banyak vitamin C dan zat anti oksidan.

Menghindari mengkonsumsi minuman tertentu

Beberapa jenis minuman tertentu memang harus dihindari bagi penderita maag, seperti yang beralkohol, sirup manis, kopi, dan sari buah sitrus. Sebagai penggantinya, Anda bisa meminum air putih yang sudah terbukti menyehatkan. jangan pernah menyepelekan air putih karena sangat berkhasiat bagi tubuh terutama Anda yang sedang berdiet.

Dengan memperbanyak minum air putih, bisa memperlancar metabolisme dalam tubuh. Selain itu, proses detoksifikasi akan berfungsi, yaitu dengan pengeluaran segala racun di dalam tubuh yang keluar lewat air kencing. Oleh karena itu, minumlah air putih minimal hingga 8 gelas per hari.

Melakukan olahraga secara teratur

Salah satu langkah yang harus dilakukan oleh mereka yang sedang melakukan diet dengan metode apapun, yaitu berolahraga. Berolahraga sangat efektif untuk membakar timbunan lemak dan kalori di dalam tubuh. Sementara bagi penderita maag, tidak perlu berolahraga dengan porsi yang cukup berat karena akan berpengaruh dengan kondisi organ lambungnya.

Praktikkan saja berolahraga yang ringan dan rutin. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan, yaitu jalan kaki cepat, jogging, atau sprint. Itulah sedikit tulisan tentang beberapa langkah diet bagi penderita maag.

Loading...