Mengenal Ecommerce dengan Berbagai Piranti Pendukungnya

Loading...

Mengenal Ecommerce dengan Berbagai Piranti PendukungnyaMengenal Ecommerce perlu Anda lakukan pada perkembangan teknologi canggih seperti saat ini. Apalagi Anda yang saat ini sedang menjalankan dan mengelola sebuah bisnis atau usaha di dunia maya atau internet, atau kebanyakan orang menyebutnya berbisnis online.

Sebuah bisnis yang dilakukan oleh seseorang atau pihak tertentu dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi internet, dan bisa mengoptimalkan secara menyeluruh di mesin pencari atau search engine. Sebuah produk baik yang berbentuk barang atau jasa, yang dijual di dunia maya perlu dipersiapkan semua piranti dan pernak-perniknya.

Salah satu yang vital dan menjadi faktor penentu, yaitu keahlian untuk menjalankan Ecommerce dengan optimal. Cara untuk menggaet konsumen sebanyak-banyaknya, menjual produk yang dimiliki sebanyak mungkin, serta jangan melupakan cara berpromosi di dunia maya yang efektif untuk menarik smpati konsumen.

Apa itu Ecommerce?

Sebelum mempelajarinya lebih lanjut, Anda perlu mengenal Ecommerce terlebih dahulu. Ecommerce, yaitu cara jual beli secara elektronik di dunia maya. Dalam arti, transaksi pembelian dan penjualan sebuah produk yang dijual dilakukan dengan bantuan atau melalui teknologi internet. Untuk mempraktikkan Ecommerce, Anda harus mempersiapkan sistem komputerisasi sebagai pendukung utama dari aktivitas ini.

Perlu Anda ketahui bahwa sistem komputerisasi melibatkan tiga komponen yang saling terkait antara satu dengan yang lain. Jika salah satu komponen bermasalah atau mengalami gangguan, maka sistem komputerisasi untuk menjalankan Ecommerce tidak akan bekerja optimal. Berikut sedikit penjelasannya untuk Anda.

Pertama, software atau perangkat lunak. Komponen yang berwujud program komputer yang dipasang dan diinstal untuk menjalankan sebuah aplikasi komputer. Software tersebut didapatkan dengan cara mengunduh di internet atau membelinya dari penyedia jasa software dan hardware. Carilah software yang berkualitas untuk menjalankan bisnis Ecommerce ini.

Kedua, hardware atau perangkat keras. Komponen yang terdiri atas perlengkapan atau pernak-pernik sebagai penyusun dari sebuah personal computer (PC), laptop, notebook, atau jenis gadget lain yang bisa menjalankan sistem komputer. Misalnya, harddisk, memory, motherboard, dan lain sebagainya.

Ketiga, brainware atau penggunanya, dalam hal ini menusia yang memakainya. Penjual dan pembeli yang bertransaksi dalam kegiatan Ecommerce, mereka itulah yang menjadi penentu sukses tidaknya bisnis Ecommerce. Tanpa kehadiran mereka, tidak akan ada perdagangan elektronik semacam ini.

Mengaplikasikan Ecommerce dalam perdagangan bebas

Perdagangan bebas yang sudah diambang pintu tidak bisa kita semua hindari. Untuk yang pertama kalinya, Indonesia akan mengikuti perdagangan bebas di wilayah ASEAN terlebih dulu. Hal ini perlu diwaspadai karena berbagai produk yang beraneka jenisnya, ragam, bentuk, desain, warna, manfaat, dan lain sebagainya akan segera membanjiri Indonesia.

Oleh karena itu, jika Anda sebagai pebisnis online yang menjalankan Ecommerce tidak memiliki keunggulan dari produk yang dijual, tidak menutup kemungkinan tidak akan laku dan tergilas oleh produk-produk impor tersebut.

Sementara itu, pemerintah dalam hal ini perancang dan pembuat regulasi harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan tujuan utama untuk melindungi semua pengusaha atau pebisnis Indonesia beserta produk yang dijualnya agar tidak kalah bersaing dengan produk impor. Salah satu cara yang efektif, yaitu dengan mengoptimalkan cara menjalankan Ecommerce di dunia maya.

Loading...