Software Gratis untuk Website Toko Online

Loading...

Software Gratis untuk Website Toko OnlineSoftware gratis untuk website sangat dibutuhkan bagi Anda yang ingin memulai berbisnis online di dunia maya. Perlu Anda ketahui bahwa saat membuat website atau blog, Anda membutuhkan software atau perangkat lunak sebagai bagian dari sistem komputerisasi yang dijalankan.

Pembuatannya memang murni memakai komponen-komponen komputer, yang melibatkan software, hardware, dan brainware. Sementara itu, software untuk membuat sebuah website toko online ada yang bersifat open source atau gratis dan ada yang berbayar. Silakan memilihnya sendiri yang tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Nah, untuk saat ini akan dibahas beberapa software gratis untuk website yang akan diaplikasikan sebagai toko online. Apa saja software gratis tersebut? silakan menyimak informasi di bawah ini.

Beberapa software gratis untuk website toko online

Beberapa software gratis untuk membuat website toko online bisa Anda download atau unduh di dunia maya dengan mudah. Setelah mengunduhnya, Anda bisa mencari tutorialnya dan mempelajarinya. Jika memiliki kemampuan untuk membuat website toko online, silakan untuk membuatnya sendiri. Namun jika tidak, Anda bisa menyewa jasa pembuat website untuk toko online yang akan Anda jalankan.

Pertama, Prestashop. Salah satu software open source yang fiturnya cukup lengkap. Oleh karena itu, banyak orang yang memakai software ini untuk membuat dan mengelola toko onlinenya. Fitur-fitur di dalamnya cukup lengkap, sehingga Anda bisa membuat sebuah website yang unik dan menarik.

Kedua, Fortune 3. Sebuah software yang cukup canggih dan mudah digunakan. Software ini juga dapat digunakan untuk membuat dan mengelola toko online. Beberapa penyedia jasa pembuatan website juga menyimpannya untuk ditawarkan kepada para klien. Sifatnya yang gratis membuat tidak sedikit orang untuk menggunakannya.

Ketiga, Magento. Sebuah software yang memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan untuk membuat sebuah toko online. Anda pun dapat membuatnya sendiri sekaligus mengelola website toko online yang sudah dibuat. Anda bisa mencari informasi dan mengunduhnya di internet dengan memanfaatkan search engine atau mesin pencari.

Keempat, Oxid Esales. Sebuah software open source yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi dari software ini mampu membuat website toko online yang lumayan bagus. Anda pun bisa membuatnya sendiri setelah mempelajarinya.

Kelima, Os Commerce. Sebuah software aplikasi gratis dengan fitur pemasaran, penjualan, dan pembayaran. Software ini dapat bekerja dengan pemrograman PHP atau MySQL. Bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh para pembuat website karena kemudahan dalam menggunakannya.

Menjalankan tiga komponen sistem komputerisasi untuk membuat website

Ada tiga komponen dasar untuk menjalankan sebuah sistem komputerisasi, khususnya saat membuat website untuk toko online. Tanpa ada salah satu di antaranya, sistem komputerisasi tidak akan berjalan. Lalu, apa saja ketiga komponen yang dimaksud?

  • Pertama, hardware atau perangkat keras, yaitu berbagai komponen yang menyusun sebuah seperangkat personal computer (PC), laptop, notebook, atau gadget yang lain.
  • Kedua, software atau perangkat lunak, yaitu program digitali yang dimasukkan dalam seperangkat komputer untuk menjalankan fungsi tertentu.
  • Ketiga, brainware atau pengguna (user), yaitu seseorang yang menggunakan hardware maupun software di dalam seperangkat komputer dalam melakukan aktivitas tertentu.

Ketiga komponen tersebut tidak dapat dilepaskan karena ling terkait antara satu dengan yang lain. Jika salah satu komponen tidak ada atau tidak berfungsi berarti sistem komputerisasi tidak akan jalan. Dengan ketiga komponen sistem komputerisasi seperti yang ditulis di atas, Anda bisa mengoptimalkan software gratis untuk website.

Loading...