Tips Mengontrol Emosi agar Program Diet Berhasil

Loading...

Tips Mengontrol Emosi agar Program Diet BerhasilMengontrol emosi merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya diet yang Anda lakukan. Hal itu dikarenakan emosi seseorang untuk melakukan aktivitas yang mengganggu program diet harus selalu dikontrol.

Sebagai contoh, saat Anda tidak ada pekerjaan di rumah, biasanya dihabiskan dengan menonton TV atau mencari hiburan yang lain, sambil memakan makanan kecil atau ngemil. Perilaku ngemil inilah yang harus dikontrol agar berat badan tidak semakin bertambah.

Contoh yang lain, yaitu seorang wanita yang menghadapi masalah tertentu, seperti masalah pekerjaan atau keluarga. Beberapa di antaranya hingga emosi dan stres saat menghadapi masalah tersebut. Hasilnya, mereka memilih menghabiskan waktu dengan berbagai makanan yang disantap tanpa mempedulikan program diet yang baru dijalankannya.

Oleh karena itu, mengontrol emosi saat berdiet sangat penting untuk dilakukan.

Bagaimana cara mengontrol emosi?

Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan saat mengontrol emosinya. Mereka akan mudah marah, sedih, kecewa, senang, bahkan jatuh cinta saat menghadapi masalah tertentu. Biasanya hal seperti itu mudah dialami oleh seorang wanita. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa cara yang efektif mengontrol emosi. Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini.

Pertama, melatih pernapasan. Orang yang emosional biasanya ritme pernapasannya tidak teratur. Jadi, seperti orang yang habis berolahraga. Untuk memulihkan pernapasannya agar normal kembali, harus diatur ritmenya. Caranya, yaitu dengan menarik sebuah napas yang cukup panjang, kemudian tahan beberapa detik. Lepaskan secara perlahan lewat mulut. Ulangi beberapa kali agar napas kembali normal dan Anda pun lebih tenang. Itulah salah satu cara mengontrol emosi.

Kedua, selalu bersabar dan berpikiran positif. Saat menghadapi sebuah masalah dan mencari solusinya, Anda harus selalu bersabar. Dengan begitu, Anda akan lebih tenang dan terkendali emosinya. Jangan lupa untuk selalu berpikiran positif apapun masalah yang Anda hadapi. Berpikirlah bahwa masalah tersebut pasti dapat diselesaikan dengan mudah dan ringan, sehingga tidak sampai menghabiskan tenaga.

Ketiga, berolahraga secara teratur. Beberapa orang yang emosional dapat mengalirkan energinya untuk berolahraga. Cara seperti cukup efisien dan menguntungkan karena energi untuk emosional dapat disalurkan untuk berolahraga. Dengan demikian, berat badan Anda juga dapat terkontrol.

Keempat, mendekatkan diri kepada Tuhan. Tidak ada salahnya Anda mencoba cara ini untuk mengontrol emosi yang terkadang meluap-luap. Lakukan berbagai cara beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-maasing yang Anda anut.

Menjaga emosi untuk lebih berdisiplin

Emosi tiap orang memang berbeda-beda tingkatannya antara satu dengan yang lain. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tingkatuan emosai yang Anda miliki, apakah rendah, sedang, atau tinggi.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa bertanya kepada orang lain, seperti saudara, teman dekat, rekan kerja, atau yang lainnya. Mereka itulah yang hampir tiap hari bersama dengan Anda. Tidak menutup kemungkinan mereka mengetahui tingkatan emosional yang Anda miliki.

Setelah mengetahuinya, Anda baru bisa mengontrol emosi dalam kehidupan sehari-hari dengan cara-cara seperti yang ditulis di atas. Program diet yang Anda lakukan akan berhasil dan sukses jika Anda berhasil mengontrol emosi.

Loading...