Mengenal Hosting dan Domain saat Pembuatan Blog WordPress

Loading...

Mengenal Hosting dan Domain saat Pembuatan Blog WordPressMengenal hosting dan domain dalam pembuatan blog sangat penting untuk diketehui informasinya. Anda yang ingin membuat blog minimal perlu mengetahui pengertian tentang kedua istilah tersebut.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan hosting maupun domain menjadi faktor penentu banyak sedikitnya blog yang Anda buat di dunia maya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk sedikit mempelajarinya.

Salah satu pembuatan blog yang cukup mudah dan sifatnya gratis, yaitu menggunakan fasilitas dari WordPress. Pembuatan blog dengan WordPress juga tidak akan lepas dengan hosting dan domain.

Lalu, apa sebenarnya hosting dan domain itu? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca sedikit uraian mengenal hosting dan domain di bawah ini.

Apa itu hosting dalam pembuatan blog?

Sebelum membuat sebuah blog yang unik, menarik, dan keren dengan WordPress, Anda harus terlebih dulu mengerti dan paham tentang tatacara atau prosedur pembuatannya.

Perlu Anda ketahui bahwa pembuatan blog harus memakai memakai sebuah tempat atau space yang fungsinya untuk menyimpan semua data yang masuk dalam sebuah blog yang Anda buat. Tempat penyimpanan data tersebut diberi istilah hosting.

Perlu Anda ketahui juga bahwa fasilitas hosting ada yang gratis dan ada juga yang tidak gratis alias harus membayar. Salah satu yang gratis, yaitu dengan memakai fasilitas WordPress. Dikarenakan gratis bagi user, space hosting yang dipakai juga terbatas.

Dengan begitu, user harus lebih bijak saat membuat dan mengelola blog WordPress, agar tidak terlalu cepat menghabiskan space hosting yang diberikan secara gratis oleh WordPress.

Apa itu domain saat membuat blog?

Selain hosting, Anda juga perlu mengenal tentang domain, yaitu nama yang dipakai dalam sebuah blog. Anda perlu merencanakan sebuah nama yang sifatnya unik dan belum ada yang memakainya. Untuk menemukan sebuah nama blog, Anda bisa mencari sumber referensi dari mana saja.

Setelah Anda berhasil menemukan ide atau gagasan untuk pemberian nama blog WordPress yang Anda buat, ingatlah baik-baik dan jika perlu catat. Nama tersebut akan dimasukkan dan didaftarkan saat Anda melakukan proses pembuatan blog WordPress.

Sebuah nama blog yang unik, nyeleneh, menarik, mudah diingat, dan kriteria yang lain akan menjadi nilai tambah tersendiri dari sebuah blog. Bukan tidak mungkin banyak user atau pengunjung di dunia maya akan minimal akan membuka blog tersebut. Jika kondisinya seperti itu, Anda sebagai pemilik blog tentu akan diuntungkan.

Misalnya, blog tersebut digunakan untuk berbisnis online, tentu saja semakin banyak yang mengunjunginya maka tidak menutup kemungkinan semakin banyak juga konsumen yang memesan produk yang dijual. Atau mungkin blog yang Anda buat untuk sekedar eksis di dunia maya dengan memberikan berbagai macam tips dan trik.

Jika cukup banyak orang yang mengunjunginya, beberapa pihak tidak segan-segan untuk beriklan atau bersponsor di blog tersebut. Tentu saja Anda sebagai pemiliknya akan mendapatkan nominal tertentu dari tarif iklan.

Itulah sedikit informasi terkait aktivitas blogging. Semoga bermanfaat bagi Anda semuanya. Selamat bersurving ria di dunia maya dengan memiliki sebuah blog WordPress, setelah mengetahui informasi mengenal hosting dan domain.

Loading...