4 Cara Jitu Mencegah Penyakit Stroke

Loading...

4 Cara Jitu Mencegah Penyakit StrokeMencegah penyakit stroke dapat menjadi informasi yang bermanfaat bagi Anda, baik pria maupun wanita. Perlu Anda ketahui bahwa dari beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa gejala penyakit stroke saat ini bukan hanya dialami oleh orang tua saja, yaitu berumur 60 tahun ke atas.

Namun, mereka yang berusia lebih muda, yaitu sekitar 30 – 40 tahun juga tidak menutup kemungkinan mengalaminya.

Salah satu faktor penyebab yang paling dominan, yaitu gaya hidup sehari-hari yang tidak sehat. Gaya hidup tersebut sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh, sehingga mudah terserang penyakit yang salah satunya stroke.

Terutama Anda yang bertempat tinggal di kota besar dengan berbagai kesibukan kerja yang padat hingga mengalami gejala stres. Ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang tidak menyehatkan, serta masih merokok atau meminum minuman beralkohol. Semua perilaku tersebut sangat beresiko bagi Anda untuk menderita penyakit stroke.

Sekedar untuk mengingatkan Anda bahwa penyakit stroke disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di otak manusia sehingga menyebabkan sebagian atau keseluruhan saraf motorik tubuh tidak dapat berfungsi dengan benar.

Biasanya, penderita stroke awalnya merasakan sakit kepala yang tidak kunjung sembuh. Selanjutnya, dia akan merasakan sebagian anggota tubuhnya, seperti kaki atau kanan selalu mengalami kesemutan.

Jika Anda sudah mengalami gejala seperti itu seharusnya segera diperiksakan ke dokter. Jangan sampai hingga sebagian atau seluruh anggota badan Anda lumpuh dan tidak dapat digerakkan.

Beberapa cara untuk mencegah penyakit stroke, antara lain sebagai berikut.

Menghindari minuman beralkohol dan merokok

Hindarilah sebisa mungkin untuk mengkonsumsi minuman beralkohol dan rokok. Hal itu dikarenakan bahan yang terkandung di dalamnya bersifat panas sehingga dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah yang bisa berakibat pada penyakit stroke. Anda yang saat ini masih mengkonsumsinya, segera hentikanlah jika tidak mau menderita penyakit stroke.

Menghindari makanan yang berkolesterol tinggi

Hindarilah sebisa mungkin makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi. Hal itu dikarenakan makanan jenis makanan semacam itu dapat menyebabkan kolesterol di dalam darah menjadi tidak terkendali dan akhirnya menyumbat pembuluh darah. Jika hal itu terjadi, tidak menutup kemungkinan Anda akan terserang penyakit stroke.

Berolahraga secara teratur

Praktikkanlah olahraga secara teratur minimal 3 kali seminggu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Dengan berolahraga juga bisa memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Pasalnya, timbunan lemak, kalori, dan kolesterol di dalam darah dapat dikeluarkan dan dibakar lewat keringat yang keluar saat Anda berolahraga. Cara ini sangat efektif untuk mencegah penyakit stroke.

Melakukan pemeriksaan rutin

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan secara rutin kadar kolesterol di alam darah Anda. Hal itu sebagai langkah antisipatif agar Anda selalu waspada dan terhindar dari penyakit stroke. Pemeriksaan dapat dilakukan di rumah sakit, klinik kesehatan, atau laboratorium kesehatan yang memiliki fasilitas untuk menguji kadar kolesterol di dalam darah. Dengan cara antisipasif ini, Anda bisa selalu hidup sehat.

Sedikit informasi seperti yang ditulis di atas semoga bermanfaat bagi Anda. Dengan begitu, Anda bisa mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyakit stroke.

Loading...