Mengenal Penyakit Ambeien dan Cara Pencegahannya

Loading...

Mengenal Penyakit Ambeien dan Cara PencegahannyaMengenal penyakit ambeien perlu Anda ketahui informasinya karena jenis penyakit ini cukup menyiksa bagi orang yang menderitanya dan sifatnya yang kambuhan.

Seseorang yang menderita ambeien akan merasa sakit pada bagian anusnya atau tempat pengeluaran kotoran. Oleh karena itu, sudah dipastikan saat buang air besar, dirinya akan merasa sakit sekali di bagian tersebut.

Selain itu, saat beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari juga mengalami sakit yang luar biasa, baik saat berdiri, berjalan, maupun duduk. Oleh karena itu, penyakit ambeien ini harus secepatnya dicegah atau disembuhkan hingga ke akar-akarnya bagi orang yang sudah terlanjur menderitanya.

Lalu, apa sebenarnya penyakit ambeien dan bagaimana pengobatannya? Agar lebih jelas mengenal penyakit ambeien, silakan membaca informasi di bawah ini.

Apa sebenarnya penyakit ambeien?

Ambeien merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian usus besar manusia, terutama pada bagian anus sebagai pengeluaran kotoran. Ambeien dapat dicirikan dengan peradangan atau pembesaran dari sebuah benjolan di anus.

Benjolan tersebut berasal dari virus atau bakteri yang berkembak biak di sekitar usus besar. Ditambah perilaku yang tidak sehat saat buang air besar yang tidak menutup kemungkinan menyebabkan luka di bagian anus. Hal itulah yang menyebabkan benjolan.

Tentu saja benjolan itu akan terasa sakit, apalagi saat buang air besar karena friksi atau gesekan antara benjolan dengan kotoran yang dikeluarkan. Bahkan, beberapa kasus ambeien yang parah, bagian anusnya hingga berdarah-darah serta harus segera dilakukan operasi pengangkatan.

Penyakit ambeien bisa disebabkan oleh faktor keturunan dan gaya hidup sehari-hari yang kurang sehat. Sebagai contoh, Anda yang sehari-hari selalu beraktivitas dan bekerja dengan duduk dalam waktu yang lama apalagi dengan alas duduk yang cukup keras, sebaiknya diselingi dengan berdiri.

Hal itu perlu dilakukan untuk peregangan tubuh agar otot-otot di seluruh tubuh khususnya di bagian pantat dan kedua kaki bisa bisa dikendurkan. Sementara itu, seseorang yang menderita penyakit ambeien biasanya berpantangan makan makanan tertentu, seperti yang pedas-pedas karena bisa membuat kambuh benjolannya.

Bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit ambeien?

Untuk pencegahan, beberapa hal sudah disinggung pada tulisan di atas. Anda pun bisa menambahkan dengan mengkonsumsi beberapa obat atau ramuan atau suplemen yang khusus untuk menjaga bagian usus besar agar tidak mengalami ambeien.

Namun, bagi Anda yang sudah terlanjur menderitanya, silakan berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Biarlah mereka yang mendiagnosis dan memberikan rekomendasi pengobatan seperti apa yang perlu Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut.

Pasalnya, penyakit ambeien yang masih dalam gejala awal dan ringan bisa diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu serta mempraktikkan beberapa perilaku agar tidak kambuh ambeiennya.

Adapun jika penyakit tersebut sudah semakin parah kondisinya, cara satu-satunya dengan operasi pengangkatan benjolan di usus besar tersebut. Seluruh benjolan diambil hingga tak tersisa, kemudian daerah di sekitar benjolan disterilkan agar bakteri dan kuman penyakit tidak berkembang kembali. Dengan begitu, penyakit ambeien tidak akan kumat lagi.

Loading...