4 Jenis Olahraga Penunjang Fitness

Loading...

4 Jenis Olahraga Penunjang Fitness Olahraga penunjang fitness merupakan jenis olahraga yang perlu dilakukan oleh Anda yang sedang melakukan program fitness. Olahraga tersebut bertujuan untuk menunjang aktivitas fitness Anda.

Pasalnya, fitness dilakukan dengan tujuan, antara lain sebagai body building atau pembentukan tubuh, menurunkan berat badan, dan lain sebagainya.

Fitness tentu saja tidak perlu dilakukan setiap hari, karena jika terlalu berat porsinya bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan jenis olahraga lain yang porsinya lebih ringan, dengan tujuan untuk mempertahankan bentuk tubuh. Selain itu, untuk menjaga kebugaran tubuh saat tidak melakukan fitness.

Lalu, apa saja olahraga penunjang fitness yang direkomendasikan? Berikut informasinya untuk Anda.

Olahraga jogging

Olahraga jogging cukup digemari oleh banyak orang. Jenis olahraga ini menjadi semacam pemanasan saat akan melakukan olahraga inti. Oleh karena itu, banyak yang melakukannya. Biasanya, jogging dilakukan pada pagi hari sambil menghirup udara pagi yang segar. Anda pun dapat melakukannya sebagai olahraga pendamping fitness.

Dengan berlari pagi seperti itu, kebugaran dan kesegaran tubuh Anda dapat terjaga. Sementara itu, hasil fitness pada bentuk tubuh yang sudah Anda peroleh tidak akan berkurang dan berubah sedikit pun.

Praktikkan olahraga jogging minimal 2 kali seminggu di saat Anda tidak ada latihan fitness, dengan durasi waktu 30 – 45 menit.

Olahraga berenang

Renang menjadi salah satu olahraga pendamping fitness karena gerakan-gerakan yang dilakukan mirip dengan gerakan fitness. Dengan demikian, bentuk tubuh setelah Anda berfitness tidak akan terpengaruh dengan mempraktikkan berenang.

Olahraga renang tentu harus dilakukan di kolam renang. Bagi Anda yang sekitar tempat tinggalnya terdapat fasilitas kolam renang silakan untuk melakukannya.

Tidak perlu setiap hari, minimal 2 kali seminggu dengan durasi waktu menyesuaikan dengan kondisi tubuh. Beberapa gaya berenang dapat Anda praktikkan, seperti gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.

Olahraga berjalan kaki

Salah satu olahraga yang cukup ringan, tetapi dampak positifnya sangat besar bagi tubuh, yaitu berjalan kaki. Olahraga ini tergolong santai, sehingga bisa dilakukan oleh semua kalangan. Mulai dari anak kecil hingga orang lanjut usia dapat melakukannya.

Namun demikian, jangan menyepelekannya karena jika dilakukan secara rutin manfaat bagi tubuh Anda sangat luar biasa. Hal itu dikarenakan semua peredaran dalam tubuh akan bekerja lebih optimal dan lancar. Dengan begitu, fungsi organ-organ tubuh tidak akan terganggu.

Praktikkan berjalan kaki minimal 3 kali seminggu untuk menjaga kebugaran tubuh Anda terutama sebagai olahraga penunjang fitness.

Olahraga bersepeda

Olahraga bersepeda saat ini sudah menjadi trend di semua kalangan. Baik di pedesaan hingga perkotaan tidak sedikit yang melakukannya, meskipun hanya sebatas untuk bersenang-senang dan bersantai di akhir pekan. Lagipula, bersepeda menggunakan jenis transportasi yang tidak menyebabkan polusi udara karena memang tidak berbahan bakar.

Untuk menggerakkan sepeda, Anda cukup mengayuh kedua pedal secara bergantian pada kaki kanan dan kiri. Sementara itu, kekuatan dan kecepatan putaran gir pada sepeda dapat diatur sesuai selera dan keinginan.

Dengan begitu, ritme bersepeda di jalan raya akan lebih teratur. Terutama saat bersepeda bersama-sama dengan orang banyak. Lakukan bersepeda sebagai salah satu olahraga penunjang fitness.

Loading...