Penyebab Kerontokan Rambut dan Solusi Pencegahannya

Loading...

Penyebab Kerontokan Rambut dan Solusi PencegahannyaKerontokan rambut dapat dialami oleh siapapun tanpa terkecuali. Namun demikian, kerontokan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari faktor keturunan, kondisi fisik tubuhnya, hingga efek samping dari metode pengobatan yang dijalani.

Kerontokan pada rambut ada yang bersifat permanen dan temporary, tergantung dari akar permasalahannya dan cepat lambatnya penanggulangan pada kondisi kerontokan tersebut.

Namun yang terpenting, kerontokan rambut dapat dicegah dan diobati. Baik dengan metode atau cara modern maupun tradisional yang memakai berbagai bahan alami.

Oleh karena itu, Anda yang mengalami gejala kerontokan pada rambut jangan pernah khawatir. Pasalnya, kondisi seperti itu dapat dicegah sekaligus diobati hingga ke akar-akarnya.

Beberapa hal yang menyebabkan kerontokan rambut

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kerontokan pada rambutnya, antara lain sebagai berikut.

Pertama, keturunan. Tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang yang mengalami kerontokan rambut biasanya memiliki orang tua yang dulunya juga seperti itu. Bahkan, tidak menutup kemungkinan dia akan memiliki anak yang nantinya juga bernasib sama.

Kedua, pemakaian obat-obatan tertentu. Beberapa orang yang menderita penyakit tertentu harus mengkonsumsi obat yang berefek samping mengalami kerontokan rambut. Sebagai contoh, seseorang yang menderita penyakit kanker dan harus menjalani pengobatan dengan metode kemoterapi.

Sebuah metode pengobatan dengan cara memberikan obat-obatan khusus untuk membunuh sel-sel kanker hingga ke akar-akarnya. Efek samping dari kemoterapi, yaitu merontokkan rambut dari sang pasien.

Ketiga, stres. Anda yang memiliki tingkat stres yang tinggi dikarenakan masalah pekerjaan, keluarga, atau yang lainnya, juga dapat mengalami kerontokan rambut. Faktor dari dalam ini bisa berpengaruh pada saraf-saraf di kepala yang menjadi penyebab kerontokan rambut.

Untuk mencegahnya, Anda bisa refreshing terlebih dulu untuk mengistirahatkan dan menenangkan pikiran. Misalnya, mengisi waktu akhir pekan dengan liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Bagaimana mencegah sekaligus mengobati kerontokan rambut?

Salah satu solusi yang praktis dan efisien untuk mencegah kerontokan pada rambut Anda, yaitu dengan merawat dan menjaganya secara teratur. Lalu, bagaimana caranya? Anda cukup memberikan vitamin alami pada rambut, seperti vitamin A, B, atau C.

Anda pun tidak perlu menggunakan bahan-bahan ekstrak yang dibuat sendiri karena cukup merepotkan. Anda cukup membeli jenis shampo, konditioner, atauhair tonic yang mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh kulit kepala dan pertumbuhan rambut.

Sementara bagi Anda yang sudah mengalami kerontokan rambut, jangan terburu-buru untuk membeli obat penumbuh rambut secara sembarangan. Hal seperti itu bisa membuat kondisi kerontokan pada rambut semakin parah.

Sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan praktisi kesehatan atau yang mengerti tentang permasalahan ini. Dengan begitu, Anda bisa diperiksa, didiagnosis, serta dicarikan solusi untuk mengobati kerontokan yang menyerang kulit kepala tersebut.

Jika Anda memutuskan untuk membeli dan menggunakan salah satu obat penumbuh rambut yang dijual bebas di pasaran. Sebaiknya Anda memilih obat penumbuh rambut dengan kandungan alami atau bersifat herbal. Obat seperti itu lebih aman dan sehat untuk digunakan.

Selain itu, bisa mengurangi resiko mengalami efek samping negatif yang bukan tidak mungkin dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu, jangan pernah panik dan tergesa-gesa dalam mengatasi masalah kerontokan rambut.

Loading...