Empat Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Membuat Kopi Enak

Loading...

Empat Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Membuat Kopi EnakMembuat kopi enak bagi para pecinta kopi mungkin menjadi sesuatu yang didambakan selama ini. Secangkir kopi hangat atau panas yang siap diseruput sedikit demi sedikit pada pagi, siang, atau sore hari menjadi kenikmatan tersendiri bagi Anda para pecinta kopi. Namun, untuk membuat secangkir kopi yang bercita rasa tinggi seperti itu mungkin tidak semua orang yang menguasainya.

Oleh karena itu, Anda sebagai salah satu pecinta kopi Indonesia harus paham dan mengetahui bagaimana cara membuat kopi yang enak.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat secangkir kopi yang enak. Apa saja hal-hal tersebut? Berikut informasinya untuk Anda.

Pemilihan biji kopi

Pemilihan biji kopi sangat menentukan nantinya, apakah kopi yang dibuat enak atau tidak. Pasalnya, di pasaran saat ini ada berbagai jenis biji kopi baik asli dari Indonesia maupun luar negeri. Oleh karena itu, Anda yang mengaku penikmat kopi perlu mengetahui informasi dari berbagai jenis kopi tersebut untuk menemukan biji kopi terbaik.

Anda sebenarnya bisa saja memilih kopi instan yang sudah digiling, tetapi saat diseduh dengan air panas cita rasanya kurang mantap.

Berbeda dengan memilih biji kopi yang masih utuh, lalu digiling hingga halus untuk dijadikan minuman kopi yang berkualitas. Kopi seperti itu disebut kopi tubruk yang sangat nikmat untuk diminum.

Kualitas air

Kualitas air untuk menyeduh jangan sampai Anda hiraukan karena berpengaruh penting untuk membuat kopi enak. Pergunakan air kran atau air tanah yang bersih dan sehat. Jika perlu, saringlah air tersebut untuk menjaga kualitasnya dan selalu bersih.

Setelah itu, air direbus hingga panas, tetapi jangan sampai mendidih hingga airnya bergejolak. Cara itu dipakai agar air untuk seduhan kopi dapat bersih dari bakteri dan kuman, tetapi tidak terlalu panas untuk menyeduh kopi.

Jangan dimasukkan ke dalam kulkas

Beberapa orang menyimpan biji kopi atau kopi gilingan di dalam kulkas dengan tujuan untuk mengawetkannya. Cara seperti itu kurang dibenarkan karena suhu dingin di dalam kulkas malahan bisa membuat kesegaran kopi menjadi hilang. Sebaiknya menyimpannya di tempat yang kering dan tertutup untuk menjaga aroma dan kesegaran kopi.

Simpanlah biji kopi atau bubuk pada suhu ruangan yang normal. Misalnya, di dalam rak lemari, di dalam toples yang tertutup rapat, atau lain sebagainya.

Menaburi sedikit garam

Mungkin cara ini bagi orang awam cukup aneh karena tidak biasa. Perlu Anda ketahui bahwa menaburi sedikit garam pada cangkir saat menyeduh kopi bertujuan untuk mengurangi rasa pahit pada minuman kopi tersebut. dengan begitu, pertama kali saat Anda menyeruput secangkir kopi yang dirasakan bukan rasa pahit kopi, melainkan benar-benar rasa kopi yang bercita rasa tinggi.

Jangan lupa untuk meminum kopi setelah diseduh dengan air hangat karena kenikmatannya akan lebih terasa daripada harus menunggu dingin dan mengental larutan kopinya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan di rumah saat membuat kopi. Secangkir kopi yang nikmat dapat Anda buat setiap hari, asalkan mampu mempraktikkan cara-cara membuat kopi enak.

Loading...