Penyebab Penyakit Asma dan Cara Mengobatinya

Loading...

Penyebab Penyakit Asma dan Cara MengobatinyaApa itu penyakit asma? Bagi Anda mungkin mendengar pertanyaan itu langsung bisa memikirkan tentang penyakit yang sesak napas yang menyerang saluran pernapasan seseorang.

Saat penyakit asma kambuh, seseorang yang menderita terlihat sangat menderita sekali. Pasalnya, dia seperti akan tercekik dan kehabisan napas hingga suaranya cukup mengerikan karena berbunyi ‘ngik-ngik’.

Penyakit asma seperti itu dapat dicegah dan disembuhkan dengan berbagai cara. Salah satu cara penyembuhannya, yaitu dengan mengkonsumsi ramuan yang bersifat herbal dan sudah dipercaya ampuh untuk mengobati penyakit asma.

Apa saja penyebab penyakit asma?

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyebab penyakit asma, antara lain sebagai berikut.

Pertama, faktor keturunan. Anda yang memiliki orang tua baik ayah atau ibu yang menderita asma. Tidak menutup kemungkinan juga akan menurunkan penyakit asma pada Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mendiagnosis lebih awal agar bisa dicegah sedini mungkin.

Kedua, faktor lingkungan. Anda yang bertempat tinggal di lingkungan yang penuh asap. Misalnya, dekat dengan pabrik yang mengeluarkan polusi udara, rumahnya di pinggir jalan besar, atau ada salah satu anggota keluarga yang masih merokok. Jika kondisinya seperti itu, Anda akan beresiko terjangkit apa itu penyakit asma.

Ketiga, faktor alergi. Beberapa orang menderita alergi terhadap debu. Mereka akan cepat terkena penyakit asma. Selain debu, ada juga yang alergi terhadap bulu binatang peliharaan, serbuk sari pada bunga, serta jamur.

Keempat, faktor perubahan cuaca. Perubahan cuaca dari panas ke dingin juga dapat memicu penyakit asma. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat mengalami perubahan cuaca yang cukup ekstrem. Misalnya, pada pergantian musim atau dikenal dengan musim pancaroba.

Kelima, aktivitas fisik yang berlebihan. Misalnya, saat Anda berolahraga dengan memforsir tenaga cukup banyak. Akhirnya, Anda malahan sakit dan bukan tidak mungkin akan terkena gejala penyakit asma. Jika Anda merasakan sesak napas yang tidak biasanya, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter atau rumah sakit untuk didiagnosis secepatnya dan ditanggulangi.

Bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit asma?

Untuk mencegah penyakit asma, para dokter dan praktisi kesehatan merekomendasikan obat semprot atau inhaler kepada para penderitanya. Obat seperti ini ada dosisnya tersendiri, sehingga tidak boleh sesukanya dipergunakan.

Saat gejala asma menyerang, seperti merasakan sesak napas hingga tersengal-sengal, segera disemprotkan obat inhaler tersebut ke dalam mulut untuk meredakan asma. Kandungan di dalam inhaler tersebut akan masuk ke dalam paru-paru hingga bisa meredakan gejala asma.

Sementara itu, untuk mengobati penyakit asma secara permanen, tentu saja harus dilakukan terapi kesehatan dengan waktu tertentu. Terapi tersebut dilakukan oleh penderita asma dengan mengkonsumsi berbagai obat atau ramua yang diberikan.

Dengan begitu, sang penderita bisa terbebas dari penyakit asma untuk selama-lamanya. Selain mengkonsumsi obat, juga harus menghindari berbagai penyebab penyakit asma yang sudah ditulis seperti di atas.

Anda yang saat ini masih menderita penyakit asma, jangan khawatir. Selalu berpikirlah positif bahwa penyakit tersebut bisa disembuhkan hingga ke akar-akarnya.

Loading...