Mengenal Penyakit Lupus, Penyebab dan Pengobatannya

Loading...

Mengenal Penyakit Lupus, Penyebab dan Pengobatannya Mengenal penyakit lupus bisa menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi Anda. Salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem imun atau daya tahan tubuh, sehingga dapat mempengaruhi beragam organ tubuh yang dapat terinfeksi penyakit sewaktu-waktu.

Perlu Anda ketahui bahwa lupus merupakan salah satu bentuk penyakit autoimun. Artinya, sistem kekebalan tubuh yang dimiliki oleh seseorang malahan menyerang sendiri sel-sel, organ, serta jaringan di dalam tubuh. Gejala ini akan terjadi terus menerus hingga mengakibatkan peradangan kronis pada beberapa organ tubuh.

Oleh karena itu, penyakit lupus dapat diartikan penyakit peradangan kronis autoimun. Salah satu gejala yang sering dilihat secara kasat mata pada seseorang yang menderita penyakit lupus, yaitu wajah terutama di bagian kedua pipi yang beruam-ruam hingga menyerupai sayap kupu-kupu.

Penyebab penyakit lupus

Untuk mengenal penyakit lupus, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit lupus diderita oleh seseorang. Sudah disinggung sedikit di atas bahwa penyakit lupus secara umum disebabkan oleh sistem kekebalan yang menyerang tubuhnya sendiri. Fenomena seperti itu bisa diakibatkan oleh faktor genetika atau keturunan, lingkungan tempat tinggalnya, serta pemakaian obat-obatan yang dikonsumsi dalam dosis tertentu.

Sementara itu, ada beberapa faktor potensial yang bisa memicu seseorang menderita penyakit lupus, antara lain sebagai berikut.

Pertama, paparan sinar matahari. Salah satu pemicu penyakit lupus, yaitu paparan dari sinar matahari secara terus menerus hingga menyebabkan peradangan pada kulit tubuh. Peradangan pada kulit tersebut merupakan gejala penyakit lupus.

Kedua, penggunaan obat-obatan tertentu. Beberapa jenis obat, seperti obat anti kejang, obat tekanan darah, serta obat antibiotik dapat memicu penyakit lupus yang dapat menyerang organ tubuh Anda. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat ingin mengkonsumsi beberapa jenis obat seperti tersebut.

Mengobati penyakit lupus

Pengobatan yang bisa diberikan kepada penderita penyakit lupus beraneka ragam. Hal itu tergantung dari gejala atau tanda-tanda yang dialami seseorang. Untuk mengobati penyakit lupus memang dibutuhkan waktu yang tidak singkat. Dalam arti, seseorang penderita harus mengikuti terapi kesehatan, dalam hal ini mengobati penyakit lupus yang dideritanya.

Oleh karena itu, dokter atau praktisi kesehatan yang mendiagnosis harus bisa benar-benar mencarikan solusi pengobatan yang tepat. Berikut beberapa obat yang sering digunakan untuk menangani penyakit lupus.

Pertama, NSAID atau obat anti inflammantory non steroid. Obat ini sekarang sudah dijual bebas. Beberapa khasiatnya, yaitu mengobati rasa nyeri dan deman akibat peradangan yang disebabkan oleh penyakit lupus. Namun demikian, NSAID memiliki efek samping bagi yang mengkonsumsinya, seperti peradagangan pada lambung, ginjal, serta resiko terkena penyakit jantung.

Kedua, kortikosteroid. Salah satu jenis obat yang dapat melawan peradangan di bagian organ tubuh yang disebabkan penyakit lupus. Seseorang yang teratur mengkonsumsinya dapat mengalami efek samping, seperti mudah memar, kelebihan berat badan, osteoporisis atau pengeroposan tulang, diabetes, serta tekanan darah tinggi.

Oleh karena itu, jangan pernah mengkonsumsinya tanpa ada petunjuk resmi dari dokter yang menanganinya. Pasalnya, dokter akan memberikan dosis tertetu saat penderita mengkonsumsi jenis obat ini.

Itulah beberapa informasi tentang penyebab dan pengobatan penyakit lupus. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengenal penyakit lupus.

Loading...