4 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh

Loading...

4 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan TubuhMenjaga kesehatan tubuh merupakan hak dan kewajiban tiap orang. Dalam arti, seseorang mempunyai hak untuk selalu menjaga kesehatan tubuhnya setiap hari karena dia sudah sadar arti pentingnya kesehatan bagi tubuh. Sementara itu, tubuh manusia merupakan karunia dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang tiada terkira.

Oleh karena itu, Anda sebagai seorang makhluk yang bertuhan dan beragama sudah seharusnya berkewajiban untuk menjaga dan merawat tubuh ini dengan sebaik-baiknya.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh yang direkomendasikan? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca informasi di bawah ini.

Mempraktikkan pola makan secara teratur

Sudah menjadi rahasia umum jika para pekerja kantoran di kota besar sulit untuk mengatur pola makannya sehari-hari. Sebagai contoh, sarapan pagi yang seharusnya sekitar pukul 7 – 9 pagi, ternyata tidak bisa dipenuhi.

Meskipun bisa sarapan pagi pada waktu tersebut, menunya juga tidak menyehatkan dan hanya mengenyangkan saja. Pasalnya, yang dimakan hanya menu makanan cepat saji atau fastfood yang banyak dijual di kota-kota besar.

Hilangkan sebisa mungkin kebiasaan tersebut dan mulailah menerapkan pola makan secara teratur dengan menu makanan yang bergizi dan bernutrisi. Beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, buah-buahan segar, kacang-kacangan, serta susu sapi atau susu kedelai jangan sampai Anda lewatkan di setiap menu makan sehari-hari.

Berolahraga ringan secara teratur

Cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya, yaitu dengan berolahraga. Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan porsi yang memberatkan, seperti fitness atau angkat beban di tempat gym. Namun, Anda cukup berolahraga yang sederhana, tetapi dilakukan secara rutin.

Sebagai contoh, olahraga berjalan kaki pada pagi hari atau jogging sekitar 30 – 45 menit yang dilakukan minimal 3 kali seminggu. Jika dilakukan secara rutin, tubuh Anda akan terasa segar dan bugar dan secara langsung akan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, sedikit demi sedikit dapat mengikis timbunan lemak dan kalori di dalam tubuh Anda.

Menerapkan pola hidup sehat sehari-hari

Untuk memulai hidup yang sehat, pertama yang harus Anda lakukan adalah berkomitmen dan berjanji pada diri sendiri untuk menjauhi semua perilaku atau gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, kebiasaan merokok, minum minuman yang beralkohol, pulang larut malam dan kurang istirahat, mengkonsumsi makanan cepat saji, dan tidak pernah berolahraga.

Semua kebiasaan buruk tersebut harus Anda ganti dengan pola hidup yang lebih sehat. Sebagai contoh, beristirahat cukup, menghindari stress, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi serta banyak air minum yang menyehatkan. Berolahraga secara rutin untuk menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh juga jangan sampai dilewatkan.

Menghindari gejala stress

Stress bisa diakibatkan oleh tekanan yang datang dari luar, seperti berkaitan dengan pekerjaan di luar, masalah keluarga, atau permasalahan lain yang membutuhkan pemikiran yang berat. Jika Anda berpikir terlalu berat seperti itu, tidak menutup kemungkinan akan terkena gejala stress. Misalnya, sulit untuk beristirahat atau tidur, nafsu makan berkurang, sakit kepala berkepanjangan, dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin menjaga kesehatan, hindarilah stress sekarang juga karena sangat berpengaruh pada kinerja organ tubuh Anda untuk bekerja secara optimal.

Untuk menghilangkan stress, Anda dapat meluangkan waktu untuk berlibur atau bersantai, beristirahat total dari rutinitas sehari-hari, dan mendekatkan diri pada Tuhan sesuai agama dan kepercayaannya masing-masing.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang sederhana dan bisa Anda praktikkan sehari-hari. Salam sehat selalu.

Loading...