3 Cara Ampuh untuk Mencegah Sekaligus Mengobati Herpes

Loading...

3 Cara Ampuh untuk Mencegah Sekaligus Mengobati HerpesMengobati herpes menjadi salah satu informasi yang perlu Anda ketahui untuk saat ini. Jenis penyakit kulit ini bisa menyerang siapa pun tanpa pandang bulu, dari bayi hingga orang lanjut usia, baik pria maupun wanita.

Mereka yang kurang menjaga kebersihan kulitnya setiap hari, sangat beresiko terkena penyakit herpes. Jika sudah terkena harus segera dicegah penyebarannya dan disembuhkan.

Pasalnya, herpes bisa menularkan pada anggota tubuh yang lain. Begitu juga menular pada orang lain yang berdekatan ataupun bersentuhan dengan penderita herpes.

Salah satu gejala yang kasat mata dan dirasakan, yaitu keluarnya bintik-bintik merah mengumpul di kulit. Selanjutnya, bintik merah tersebut akan meradang dan terus menyebar. Jika bintik merah tersebut pecah, akan menginfeksi bagian kulit yang lain karena berisi banyak sekali bakteri herpes. Bahkan, penyakit herpes juga dapat menyerang bagian alat vital pria atau wanita, yang dikategorikan pada penyakit menular seksual (PMS).

Seseorang yang menderita herpes di alat kelaminnya, lalu dia berhubungan intim dengan pasangannya. Bukan tidak mungkin, bakteri dan virus herpes menular pada alat kelamin pasangannya tersebut. Oleh karena itu, Anda yang merasakan gejala penyakit herpes, harus dicegah dan disembuhkan sedini mungkin agar tidak menularkannya kepada orang lain.

Lalu, bagaimana cara mengobati herpes yang sifatnya sederhana dan mudah untuk diterapkan? Berikut informasinya untuk Anda.

Menggunakan air garam

Anda bisa mandi dengan air garam. Namun demikian, garam yang digunakan adalah garam epsom karena kandungan yodiumnya cukup tinggi. Anda pun bisa membelinya di pasar tradisional, modern, ataupun apotek terdekat di sekitar tempat tinggal Anda.

Penggunaannya sangat mudah, campurkan satu sendok makan garam ke dalam sekitar 600 ml air. atau jika tidak, campurkan satu genggam garam ke dalam bak mandi atau ember. Anda pun bisa membasuh bagian kulit yang terkena herpes secara perlahan dengan lembut berulang kali.

Jika bagian kulit yang terkena herpes sulit dijangkau, silakan untuk berendam atau mengguyurkan air garam tersebut ke seluruh tubuh. Pada awalnya, rasa nyeri dan pedih yang akan dirasakan.

Lakukan cara ini tiap hari, sebaiknya pada pagi hari atau malam sebelum tidur. Dengan begitu, herpes yang menyerang kulit Anda akan kering karena pertumbuhan bakteri dan virusnya sudah dimatikan.

Memakai obat antiseptik

Anda pun bisa memakai obat antiseptik yang bisa dibeli dengan mudah di apotek. Caranya cukup mudah, yaitu Anda bersihkan terlebih dulu bagian kulit yang terkena herpes dengan air hangat. Selanjutnya, keringkan dan teteskan obat antiseptik pada bagian yang terkena herpes. Keringkan dengan mengangin-anginkan.

Berikan secara teratur setiap hari hingga herpes mengering. Cara ini mungkin yang paling mudah dan praktis untuk mengobati herpes.

Menjaga tubuh selalu kering

Jagalah tubuh dan pakaian Anda agar selalu kering. Pasalnya, bukan tidak mungkin jika bakteri dan virus herpes berkembang biak dengan cepat karena kelembapan tubuh yang tinggi. Ditambah dengan friksi atau gesekan dari pakaian yang dikenakan, maka tidak menutup kemungkinan herpes akan semakin menular ke bagian kulit tubuh yang lain.

Oleh karena itulah, sebaiknya Anda mengenakan pakaian yang cukup longgar dengan bahan kain yang lembut untuk kulit sebagai salah satu cara mengobati herpes.

Loading...