Berbagai Penyakit Kulit dari Kategori Ringan hingga Berat

Loading...

Berbagai Penyakit Kulit dari Kategori Ringan hingga BeratBerbagai penyakit kulit bisa mengancam setiap manusia tanpa terkecuali, kapan pun dan dimana pun berada. Tidak peduli warna kulit, jenis kelamin, maupun umur. Pasalnya jenis penyakit ini menyerang organ tubuh di bagian kulit, yang notabene sebagai pelindung terakhir langsung dari kontak dengan benda luar.

Perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai macam dan jenis penyakit kulit yang bisa menyerang tubuh manusia. Ada penyakit kulit dengan kategori ringan dan mudah disembuhkan.

Namun, ada pula penyakit kulit berkategori sedang hingga berat, tentu saja pengobatannya cukup sulit. Bahkan, jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan nyawa si penderitanya melayang.

Lalu, apa saja berbagai penyakit kulit yang dimaksud? Di sini akan diinformasikan beberapa penyakit kulit untuk Anda simak.

Jerawat

Jerawat merupakan salah satu macam penyakit kulit yang menyerang bagian kulit wajah atau punggung. Penyebab jerawat adalah tertutupinya pori-pori kulit yang terhalang oleh kotoran, minyak, serta bakteri. Ciri umumnya, yaitu benjolan kecil berwarna merah karena mengalami peradangan. Tidak sedikit pria atau wanita yang berjerawat. Mereka merasa tidak percaya diri saat berjerawat.

Untuk mengobati jerawat, Anda pun bisa memakai bahan-bahan alami, seperti tomat, timun, atau yang lainnya. Namun, kebanyakan orang lebih memilih mengobatinya dengan obat-obatan jerawat yang dijual bebas di apotek.

Kanker kulit

Inilah salah satu macam penyakit kulit yang sangat berbahaya jika sampai diderita oleh seseorang. Sel-sel kanker akan menggerogoti jaringan atau sel kulit. Jika tidak segera ditanggulangi, sel-sel kanker bisa menyebar ke organ lain, seperti tulang, kelenjar getah bening, dan lain sebagainya.

Salah satu penyebab kanker kulit, yaitu terlalu sering terpapar radiasi ultraviolet yang dipancarkan oleh terik sinar matahari di siang hari. Oleh karena itu, Anda yang hampir tiap hari selalu beraktivitas di luar, tidak ada salahnya untuk melindungi kulit tubuh dengan pakaian yang menutup, atau mengoleskan krim tabir surya.

Jika sudah terdiagnosis terkena kanker kulit stadium awal, salah satu pengobatan yang efektif, yaitu melakukan kemoterapi untuk membunuh dan mematikan seluruh sel kanker di organ kulit.

Panu, kadas, dan kudis

Jenis penyakit ini memang sering diderita oleh orang, terutama mereka yang kurang memperhatikan kesehatan dan kebersihan kulit sehari-hari.

Ciri-ciri yang kasat mata, antara lain warna kulit yang berbeda dari yang normal, diraba terasa kasar, serta rasa gatal dan pedih sehingga selalu ingin menggaruknya. Jika terus digaruk, tidak menutup kemungkinan jamur atau bakteri penyebab penyakit kulit ini akan makin menyebar.

Untuk mengobatinya secara mudah dan efektif, bisa memakai obat antiseptik atau obat khusus penyakit kulit ringan yang banyak dijual di apotek. Penyakit ini bisa menular dari bersentuhan atau memakai barang dan pakaian yang sudah terjangkit jamur dan bakterinya.

Satu hal yang harus dijaga adalah selalu menjaga kebersihan kulit setiap hari dengan mandi dan jika perlu memakai sabun antiseptik untuk membunuh kuman di seluruh kulit tubuh.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa mencegah sedini mungkin berbagai penyakit kulit.

Loading...