Kesalahan dalam Pembentukan Otot Tubuh

Loading...

Kesalahan dalam Pembentukan Otot TubuhPembentukan otot ternyata ada mekanismenya sendiri, dengan cara dan aturan yang harus selalu dilakukan setiap orang yang ingin membentuk tubuh lebih bagus (program body building).

Jika cara dan aturan tersebut dilanggar, bukan tidak mungkin pembentukan badan dan otot yang didambakan akan sulit terwujud. Hal itu dikarenakan massa otot tidak berkembang dengan optimal yang disebabkan oleh perilaku dan tabiat yang kurang benar.

Oleh karena itu, Anda yang saat ini sedang melakukan program pembentukan otot tubuh, seharusnya tidak melakukan beberapa hal yang hanya menghambat proses perkembangan massa otot di dalam tubuh.

Lalu, apa saja perilaku yang harus dihindari saat program pembentukan otot tubuh? Untuk lebih jelasnya, simaklah informasi di bawah ini.

Pola konsumsi makanan yang salah

Perlu Anda ketahui bahwa otot yang membesar dikarenakan kecukupan protein dan bahan bernutrisi lainnya di dalam tubuh. Jika Anda selalu rutin mengkonsumsi makanan seperti itu, secara tidak langsung telah membantu membesarkan massa otot di dalam tubuh.

Sebaliknya, Anda mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, tentu massa otot tidak akan berkembang, bahkan berat badan bisa naik drastis.

Makanan yang dikonsumsi memang menjadi bahan alami untuk memperbesar massa otot. Namun, bagi Anda yang ingin mempercepat proses perkembangan otot di dalam tubuh, bisa mengkonsumsi suplemen tertentu.

Tetap disarankan agar Anda mengkonsumsi makanan yang alami saja, tanpa ada suplemen yang mengandung bahan kimiawi di dalamnya untuk mendapatkan berbagai jenis makanan yang bergizi dan bernutrisi, serta mendukung program pembentukan otot tubuh.

Anda bisa berkonsultasi dengan praktisi kebugaran atau instruktur fitness di tempat gym. Mereka tentu sudah berpengalaman dalam hal ini, sehingga mampu memberikan solusi dan masukan yang sangat bermanfaat untuk Anda.

Variasi latihan yang terlalu banyak

Jangan pernah Anda melakukan variasi latihan yang terlalu banyak, dengan porsi yang berat. hal semacam itu hanya akan membuat konsentrasi pembentukan massa otot tidak fokus. Akibatnya, bagian otot tubuh yang ingin dibentuk ternyata hasilnya kurang optimal.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan instruktur yang berpengalaman sebelum melakukan berbagai variasi latihan untuk membentuk otot tubuh. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus untuk melatih bagian otot tubuh tertentu dengan maksimal. Jika hal itu dilakukan dengan benar dan variasi gerakannya juga tepat, tidak menutup kemungkinan Anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih berotot.

Biasanya, instruktur di sebuah tempat gym atau fitness sudah terbiasa untuk berkonsultasi kepada para peserta mengenai berbagai permasalahan dalam pembentukan otot tubuh. Anda pun bisa berkonsultasi dengan para instruktur tersebut.

Sebagai contoh, Anda ingin memperbesar massa otot kedua lengan tangan. Latihan yang harus dilakukan, yaitu dengan angkat beban yang memakai berbagai variasi gerakan. Silakan Anda untuk melakukan angkat beban pada kedua tangan Anda dengan gerakan-gerakan yang bisa diajarkan oleh instruktur fitness.

Jangan sampai Anda melakukan variasi gerakan dengan inisiatif sendiri tanpa pengetahuan dan dasar yang jelas. Hal itu hanya akan membuat pembentukan otot tubuh kurang maksimal.

Loading...