Tiga Jenis Yoga untuk Berolahraga

Loading...

Tiga Jenis Yoga untuk BerolahragaYoga untuk berolahraga dapat menjadi alternatif pilihan Anda agar kesehatan dan kesegaran tubuh terjaga. Tidak sedikit orang yang telah melakukan yoga, baik dengan cara sendiri di rumah, di kantor, atau mengikuti program di sanggar-sangar tertentu.

Pada intinya, yoga dilakukan agar terjadi keseimbangan antara tubuh dan pikiran (body and mind) bagi Anda yang mempraktikkannya. Dengan mendapatkan keseimbangan tersebut, Anda bisa beraktivitas sehari-hari dengan optimal.

Sebagian besar gerakan pada yoga bertumpu pada meditasi. Nah, meditasi sendiri bertumpu pada pernapasan yang teratur. Jadi, bisa disimpulkan secara sederhana bahwa yoga adalah berlatih pernapasan yang dikombinasikan dengan gerakan-gerakan tubuh tertentu.

Ada beberapa jenis yoga yang bisa Anda praktikkan sehari-hari untuk berolahraga atau pendamping dari olahraga itu sendiri. Apa saja jenisnya? Bacalah informasi di bawah ini.

Meditasi

Beberapa di antara Anda pasti sudah sedikit memahami mengenai meditasi. Sebuah gerakan yang bertujuan untuk menenangkan kondisi pikiran dan jiwa. Dengan ketenangan tersebut yang didapat, maka Anda bisa mengelola kesehatan tubuh dengan optimal.

Perlu Anda ketahui bahwa semua gerakan yoga pada intinya bertujuan untuk menenangkan jiwa dan pikiran seseorang yang melakukannya. Itulah yang dinamakan Meditasi. Sebuah gerakan yoga yang dilakukan secara terus menerus dengan tujuan agar tercapai kesehatan jiwa dan pikiran yang maksimal.

Dua gerakan yoga lain yang berunsur meditasi, antara lain Asana dan Pranayama. Dengan mempraktikkannya, Anda mungkin bisa menemukan ketenangan jiwa dan raga, serta kesehatan lahir dan batik.

Asana

Asana merupakan sebuah gerakan yoga yang berhubungan erat dengan posisi tubuh. Gerakan yang dilakukan merupakan kombinasi antara gerakan kelenturan, gerakan memutar, dan keseimbangan.

Gerakan Asana dapat membantu Anda dalam menunjang olahraga yang lain, semisal tinju, Thai boxing, fitness, serta yang lainnya. Asana mengutamakan postur tubuh, sehingga dapat lebih berkonsentrasi pada pernapasan (breathing), serta lebih fokus pada jalannya pikiran (mind).

Postur tubuh yang dimaksud, yaitu dengan berat dan tinggi yang proporsional. Meskipun tidak menutup kemungkinan Anda yang memiliki berat badan lebih juga dipersilakan untuk mempraktikkannya.

Untuk mengetahui gerakan-gerakan Asana, Anda bisa melihat dan mempelajarinya secara langsung di dunia maya atau internet. Cukup banyak tutorial mengenai yoga untuk berolahraga yang disediakan.

Pranayama

Pranayama merupakan salah satu jenis yoga yang bisa digunakan untuk berolahraga. Anda pun bisa melakukannya karena banyak manfaatnya terutama dalam pengaturan pernapasan dalam tubuh. Kata ‘prana’ berarti napas, sementara ‘ayama’ berarti pengaturan. Jadi, bisa diartikan Pranayama adalah pengaturan napas yang harus selalu dilakukan.

Semua orang membutuhkan bernapas untuk selalu hidup. Jika Anda dapat mengatur pernapasan dengan baik dan benar, dijamin mendapatkan tubuh dan pikiran yang lebih sehat. Dampak positif yang ingin dimiliki oleh banyak orang, tak terkecuali Anda sendiri.

Itulah ketiga jenis yoga yang bisa Anda praktikkan sehari-hari. Dengan pengaturan napas yang baik dan benar, tidak menutup kemungkinan Anda bisa menemukan ketenangan pada jiwa dan tubuh Anda. Jika hal seperti itu yang mungkin Anda cari selama ini, jangan ragu-ragu lagi melakukan yoga untuk berolahraga.

Loading...