5 Tips Bersepeda dengan Aman di Jalan Raya

Loading...

5 Tips Bersepeda dengan Aman di Jalan RayaBersepeda dengan aman perlu Anda lakukan saat melakukan aktivitas ini di jalan raya. Terutama bagi Anda yang sangat menyenangi hobi bersepeda, serta hampir setiap hari selalu menggunakan salah satu alat transportasi tak berpolusi ini.

Tidak dapat dipungkiri bahwa bersepeda saat ini sudah menjadi trend di semua kalangan. Slogan Go Green makin dikenal luas masyarakat. Selain itu, ada pula slogan Bike to Work yang menjadikan banyak pekerja kantoran mengendarai sepeda untuk pergi ke tempat kerja. Semua itu menjadikan sepeda menjadi lebih populer di tengah masyarakat.

Akhirnya, produsen pun memproduksi berbagai jenis sepeda yang bisa dipilih oleh konsumen dengan beragam harga yang bervariasi. Sementara itu, saat bersepeda di jalan harus memenuhi standar keamanan agar bisa nyaman saat mengayuh sepeda di sepanjang perjalanan.

Lalu, apa saja tips bersepada dengan aman yang direkomendasikan? Berikut informasinya untuk Anda.

Periksa kondisi sepeda setiap hari

Anda pun harus selalu memeriksa kondisi sepeda secara rutin setiap hari. Seperti halnya saat Anda memeriksa kendaraan bermotor, sebuah sepeda juga harus diperiksa kondisinya agar saat dikendarai selalu aman dan nyaman. Terutama pada bagian kaki-kakinya, yaitu rantai, kedua ban, pedal, dan rem.

Jika saat memeriksa Anda menemukan komponen sepeda yang tidak beres dan harus diganti, jangan menunggu lama untuk menggantinya. Namun jangan lupa, belilah sparepart atau suku cadang asli dan orisinil agar lebih awet, meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Pakailah sepeda yang standar

Sepeda yang standar dapat diartikan, yaitu sepeda yang masih asli dan orisinil komponen-komponennya tanpa ada perubahan yang mendasar, baik dari bentuk body sepeda maupun sparepartnya. Pasalnya, tidak sedikit orang yang bersepeda di jalanan menggunakan jenis sepeda yang sudah dimodifikasi.

Sebaiknya, Anda menggunakan sepeda dengan model dan tipe standar dari pabrikan untuk pergi beraktivitas setiap hari agar terjamin keamanannya saat dikendarai. Sementara untuk sepeda modifikasi, bisa Anda pakai di ajang kontes atau pertunjukan saja.

Patuhilah semua aturan lalulintas di jalan raya

Saat Anda bersepeda di jalan raya, pasti dengan berbagai jenis alat transportasi yang lain, seperti mobil, motor, bus, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, Anda harus selalu berhati-hati agar bersepeda dengan aman di jalan raya.

Patuhilah semua rambu-rambu lalulintas saat Anda melewatinya. Pasalnya, di jalan tersebut mungkin belum ada jalur khusus untuk bersepeda.

Perlu Anda ketahui bahwa di beberapa kota besar di Indonesia sudah menyediakan jalur khusus untuk bersepeda di jalan raya. Namun, tidak sedikit kota atau daerah yang belum menerapkan aturan seperti itu, sehingga Anda yang bersepeda harus selalu berhati-hati saat di jalan raya.

Persiapkan kondisi fisik dan mental

Bersepeda merupakan salah satu akitvitas yang mengandalkan kekuatan fisik, terutama otot pada bagian kaki saat mengayuh pedal sepeda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berlatih agar otot pada bagian kaki cukup kuat untuk mengayuh pedal sepeda, apalagi untuk jarak tempuh yang cukup panjang.

Anda bisa melakukan olahraga jalan kaki, jogging secara rutin. Sementara untuk kondisi mental, dengan membiasakan bersepeda dengan baik dan benar, maka Anda akan selalu terlatih tidak melanggar semua aturan saat di jalan raya.

Jangan lupa berdoa

Biasakan untuk selalu berdoa terlebih dahulu sesuai agama dan kepercayaan masing-masing sebelum memulai aktivitas apapun itu, tak terkecuali bersepeda. Berdoa bisa menenangkan tubuh dan pikiran, serta bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk melakukan kegiatan bersepeda agar selalu aman dan nyaman.

Loading...