4 Cara Alami Mengusir Tikus dari Rumah

Loading...

4 Cara Alami Mengusir Tikus dari RumahMengusir tikus sangat perlu dilakukan di rumah Anda. pasalnya, salah satu jenis hewan pengerat ini cukup membahayakan kesehatan tubuh manusia.

Tikus bisa membuat kotor dan bau seisi rumah karena air kencing dan kotorannya yang bisa membuat perut terasa mual. Bahkan, dari kotoran dan kencingnya tersebut tikus mampu menularkan beberapa penyakit yang membahayakan.

Oleh karena itu, Anda harus secepatnya mengusir hewan pengerat ini secepatnya dari rumah Anda. Namun, untuk mengusirnya memang tidak mudah karena tikus termasuk hewan yang gesit dan mampu bersembunyi di sela-sela ruangan yang sempit.

Dengan menggunakan beragam obat pembasmi tikus yang dijual di pasaran saat ini, juga membahayakan kesehatan Anda. Pasalnya, bahan kimiawi yang terkandung di dalamnya jika masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan keracunan, apalagi jika di rumah Anda ada bayi atau anak kecil.

Perlu Anda ketahui terdapat beberapa cara alami untuk mengusir tikus. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi di bawah ini.

Campuran air, saus cabai, dan deterjen pakaian

Salah satu cara mengusir tikus yang cukup ampuh, yaitu menggunakan campuran air, saus cabai, dan deterjen pakaian. Dengan campuran ketiga bahan ini, tikus-tikus yang masih berkeliaran di dalam rumah Anda pasti akan minggat selamanya karena tidak tahan dengan bau dan pedasnya larutan ini.

Anda cukup meletakkan campuran bahan ini di pojok-pojok ruangan atau tempat biasanya tikus mondar-mandir di rumah Anda. Namun demikian, jika di rumah Anda terdapat anak kecil harus berhati-hati saat meletakkannya. Jangan sampai terpegang atau meminumnya karena sangat membahayakan.

Daun peppermint

Daun mint atau peppermint juga ampuh untuk mengusir tikus. Pasalnya, bau daun ini cukup dibenci oleh tikus. Dengan begitu, tikus pasti sebisa mungkin untuk menghindarinya.

Untuk membuat ramuannya cukup mudah, yaitu Anda membeli dulu beberapa ikat daun mint, lalu ambil ekstrak atau sarinya dan campurkan dengan air hangat secukupnya. Setelah itu, semprotkan larutan peppermint ini di tempat-tempat yang biasa tikus berkeliaran di rumah Anda. Silakan untuk mencoba cara ini karena cukup mudah dan praktis.

Suara-suara aneh

Hewan tikus memang buta warna, tetapi indra pendengaran dan penciumannya sangat peka terhadap suara-suara di sekitarnya. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan suara-suara aneh, seperti bunyi hewan harimau, singa, atau yang lainnya. Bahkan, beberapa bunyi mainan yang cukup bising juga bisa mengusir tikus.

Anda terlebih dahulu merekam atau meletakkan sumber suara di pojok-pojok ruangan. Mainkan pada saat malam hari, waktu di mana tikus mulai berkeliaran. Dijamin, tikus akan lari terbirit-birit saat mendengar suara atau bebunyian seperti itu.

Ammonia

Jenis bahan kimiawi ini cukup menyengat baunya. Oleh karena itu, tikus tidak akan tahan dengan baunya. Anda bisa membeli ammonia di toko bahan kimia atau toko bahan bangunan di sekitar tempat tinggal. Untuk meminimalisir baunya yang menyengat, Anda bisa mencampurkan cairan ammonia dengan air secukupnya, serta sedikit pewangi pakaian.

Saat proses pencampuran, sebaiknya Anda memakai sarung tangan pelindung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selanjutnya, semprotkan di beberapa pojok ruangan di rumah Anda yang bertujuan untuk mengusir tikus.

Loading...