Khasiat Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

Khasiat Jahe untuk Kesehatan TubuhKhasiat jahe memang sangat luar biasa, dikarenakan bisa mencegah sekaligus mengobati berbagai macam penyakit yang banyak diderita orang. Sudah dari dulu orang-orang tua kita memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar tempat tinggalnya dan tumbuh secara alami untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Salah satunya, yaitu jahe dengan nama latin Zingiber officinale varrubrum, yang sangat bermanfaat dan berkhasiat dalam kehidupan sehari-hari. Bagi wanita atau ibu rumah tangga pasti sudah mengenal jahe sebagai salah satu bahan untuk memasak. Oleh karena itulah, persediaan jahe di dapur harus selalu ada.

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan jahe untuk menghangatkan tubuh mereka. Salah satu yang populer, yaitu dengan membuat minuman jahe, seperti jahe anget, susu jahe, dan lain sebagainya. Dengan begitu, jahe semakin populer di tengah masyarakat Indonesia.

Beberapa khasiat jahe untuk kesehatan

Perlu Anda ketahui bahwa jahe sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itulah, banyak orang yang memanfaatkan jahe untuk mengobati berbagai penyakit. Biasanya penyakit ringan yang kerap diderita, baik anak-anak maupun orang dewasa. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi jahe, antara lain sebagai berikut.

Pertama, menyembuhkan diare. Seseorang yang menderita diare dengan gejala mencret atau buang air besar berwujud encer, dapat mengkonsumsi jahe untuk menyembuhkannya. Pembuatan ramuannya dengan dijadikan ramuan.

Anda cukup mengambil 1 rimpang jahe, lalu digeprek dan dimasukkan ke dalam gelas. Seduh jahe tersebut dengan air panas, lalu diamkan sejenak. Minum ramuan jahe tersebut 2 kali sehari hingga diarenya sembuh.

Kedua, menurunkan kolesterol. Khasiat jahe selanjutnya, yaitu menurunkan kolesterol yang berlebih. Bagi orang yang beresiko dengan kolesterol yang tinggi, bisa mengkonsumsi jahe dengan teratur.

Kolesterol jahat yang terlalu tinggi di dalam darah bisa berakibat fatal. Pasalnya, kolesterol tersebut bisa menghambat aliran darah di dalam tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti jantung, stroke, dan lain sebagainya. Silakan Anda untuk mengkonsumsi jahe baik dengan cara diseduh, dibuat masakan, atau cara yang lain.

Ketiga, pencegah obesitas atau kegemukan. Beberapa orang yang ingin menurunkan berat badannya lebih memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimiawi yang banyak dijual bebas di pasaran. Obat-obatan seperti itu cukup berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu tertentu.

Pasalnya, kandungan kimiawinya bisa menumpuk di dalam tubuh dan bukan tidak mungkin menyebabkan penyakit tertentu. Anda pun tidak perlu mengkonsumsi obat-obatan seperti itu. Anda cukup mengkonsumsi jahe yang sifatnya herbal atau alami, lebih aman, dan bisa menurunkan berat badan secara alami.

Jangan pernah melupakan untuk berolahraga secara teratur agar timbunan lemak dan kalori di dalam tubuh bisa lebih efektif dibakar.

Memanfaatkan khasiat jahe untuk mencari keuntungan

Beberapa orang atau pihak mencoba untuk memanfaatkan ketenaran jahe sebagai salah satu bahan herbal yang mujarab untuk mengobati berbagai penyakit. Mereka berbisnis dengan membudidayakan jahe. Di pasaran saat ini terdapat tiga jenis jahe, yaitu jahe merah, jahe gajah, dan jahe emprit atau kecil.

Ketiga jenis jahe tersebut dibudidayakan, dan setelah panen dapat dijual kepada para pengepul atau atau penjual besar. Jahe yang telah panen tersebut sangat dibutuhkan oleh perusahaan farmasi atau pabrik jamu untuk memproduksi berbagai produk yang memakai bahan dasar jahe.

Loading...