4 Tanaman Herbal untuk Diabetes

Loading...

4 Tanaman Herbal untuk DiabetesHerbal untuk diabetes sudah seharusnya dipilih bagi para penderita penyakit diabetes melitus, daripada mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung bahan kimiawi. Penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Bukan hanya mereka yang berbadan gemuk atau kurang berolahraga saja namun, penyakit ini menyerang orang-orang yang berbadan kurus dan hampir tiap hari menerapkan gaya hidup sehat. Pasalnya, penyakit diabetes juga dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan.

Jadi, seseorang yang menderita diabetes bisa mewariskan penyakit ini pada anak keturunannya. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda yang memiliki gejala penyakit diabetes segera melakukan langkah-langkah pencegahan dan penyembuhan secepat mungkin.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa tanaman alami atau bersifat herbal yang sangat efektif untuk menurunkan kadar glukosa atau gula di dalam darah. Berbagai tanaman herbal tersebut sangat mudah menemukannya. Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau pasar modern di sekitar tempat tinggal Anda.

Lalu, apa saja tanaman herbal untuk diabetes yang terbukti manjur tersebut? Berikut informasinya untuk Anda.

Mahkota dewa

Mahkota dewa atau di Jawa kebanyakan orang menyebutnya Mangkutodewo. Tanaman herbal ini sangat berkhasiat dikarenakan mengandung efek farmakologi. Misalnya, obat diare, sakit kulit, anti peradangan, dan menurunkan kadar gula dalam darah. Tidak sedikit orang yang sudah membuktikannya sendiri dengan mengkonsumsinya.

Cara pembuatan ramuannya cukup mudah, yaitu irislah buah mahkota dewa yang telah masak, yaitu berwarna merah. Selanjutnya, seduhlah irisan buah tersebut ke dalam air panas sekitar 200 cc. Diamkan sejenak, lalu minumlah air seduhannya tersebut 2 – 3 kali sehari.

Brotowali

Brotowali juga efektif untuk menurunkan gula darah di dalam darah. Pasalnya, brotowali mengandung efek farmakologis yang luar biasa. Rasanya yang cukup pahit memang sangat pantas untuk dijadikan obat bagi penderita diabetes.

Cara pembuatan ramuannya, yaitu siapkan batang brotowali sekitar 6 cm. Setelah dicuci hingga bersih, dipotong kecil-kecil dan ditambahkan segenggam daun sambiloto serta segenggam daun kumis kucing. Campur hingga merata, lalu direbus dengan tiga gelas air hingga mendidih. Diamkan hingga dingin, lalu saring rebusan airnya. Minumlah ramuan brotowali sebagai herbal untuk diabetes tersebut 2- 3 kali sehari setelah makan.

Buah noni

Bagi orang awam mungkin belum pernah mendengar apalagi melihat bentuk buah noni. Buah noni juga disebut buah mengkudu. Perlu Anda ketahui bahwa buah noni dapat memperbaiki sel beta pankreas serta reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik dan semestinya. Oleh karena itu, buah noni memang sangat cocok dan berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Anda pun tidak perlu bersusah payah mencarinya, dikarenakan beberapa produsen sudah memproduksi buah noni dalam bentuk jus, sehingga lebih mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Harga dari juice noni ini juga cukup terjangkau, tetapi khasiatnya memang sangat luar biasa.

Lidah buaya

Anda mungkin sudah sering melihat tanaman lidah buaya. Ternyata, tanaman herbal ini bukan hanya berkhasiat untuk menyuburkan rambut atau dijadikan campuran untuk membuat minuman yang menyegarkan. Pasalnya, kandungan di dalam daging lidah buaya juga berkhasiat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah.

Anda cukup menyiapkan satu ruas tanaman lidah buaya, lalu potonglah kecil-kecil. Rebus lidah buaya tersebut hingga mendidih, lalu saring ke dalam gelas. Minumlah air rebusan lidah buaya itu 3 kali sehari setelah makan.

Itulah beberapa tanaman herbal untuk diabetes yang terbukti ampuh. Semoga bermanfaat untuk anda..

Loading...