4 Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Loading...

4 Khasiat Buah Mengkudu untuk Kesehatan dan KecantikanKhasiat buah mengkudu perlu Anda ketahui informasinya, karena sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Buah yang mungkin tidak begitu populer karena rasanya yang tidak manis ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa.

Sejak dari dari masyarakat memanfaatkannya secara tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hingga sekarang, buah mengkudu tetap dipakai sebagai salah satu obat-obatan atau ramuan dengan bahan herbal atau alami.

Perlu Anda ketahui bahwa buah mengkudu dipercaya ampuh dan berkhasiat untuk mencegah sekaligus menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut informasinya untuk Anda.

1. Mengobati batuk

Khasiat buah mengkudu yang pertama, yaitu untuk mengobati penyakit batuk. Anda pun bisa membuat ramuannya sendiri, yaitu merebus satu buah mengkudu yang sudah matang dengan setengah genggam daun poo atau bujanggut. Rebus hingga air mendidih, lalu disaring ampasnya.

Minumlah air rebusannya dua kali sehari setiap pagi dan sore hari. Dijamin, penyakit batuk kering maupun batuk berdahak yang Anda derita akan sembuh.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

Anda bisa memanfaatkan buah mengkudu untuk hipertensi dengan dibuat ramuan. Caranya cukup mudah, yaitu Anda cukup menyiapkan dua buah mengkudu matang, lalu diperas untuk diambil airnya. Selanjutnya, campurkan dengan satu sendok makan madu agar rasanya lebih manis.

Minumlah ramuan mengkudu ini dua hari sekali untuk mengatasi hipertensi. Cara seperti ini cukup efektif bagi Anda yang beresiko menderita hipertensi. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempraktikkan cara alami ini.

3. Menyembuhkan demam dan masuk angin

Penyakit demam dan masuk angin sering dialami oleh banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Jangan khawatir karena Anda bisa memanfaatkan buah mengkudu untuk mengobatinya.

Cara pembuatan ramuannya cukup mudah, yaitu Anda cukup menyediakan satu buah mengkudu yang telah masak dan satu rimpang kencur. Selanjutnya, rebuslah kedua bahan tersebut dengan dua gelas air hingga mendidih dan hanya menyisakan satu gelas saja. Tunggu hingga dingin, lalu saringlah ke dalam gelas.

Minumlah air rebusannya dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari. Dijamin penyakit demam dan masuk angin akan segera pergi.

4. Menghaluskan kulit

Khasiat buah mengkudu ternyata bukan hanya untuk kesehatan saja, tetapi juga di bidang kecantikan tubuh. Terutama bagi Anda kaum wanita pasti sangat menginginkan untuk selalu memiliki kulit tubuh yang halus, lembut, dan bercahaya.

Anda tidak perlu menggunakan berbagai kosmetika yang mungkin mengandung bahan-bahan kimiawi. Hal itu malahan akan membuat kulit tubuh Anda tidak sehat. Anda cukup menggunakan buah mengkudu.

Cara pembuatan ramuannya sangat mudah, yaitu persiapkan terlebih dulu 3 – 4 buah mengkudu yang telah masak. Iris-iris, lalu haluskan dengan diblender. Jangan mencampuri bahan apapun saat memblender. Setelah halus, jadikan masker yang dipakai dengan cara mengoleskannya ke seluruh bagian kulit tubuh Anda. setelah dioleskan, tunggu sekitar 5 – 10 menit.

Selanjutnya, bersihkan dengan air hangat masker buah mengkudu tersebut dari seluruh tubuh, dan keringkan dengan handuk. Lakukan cara ini setiap hari sebelum mandi pagi atau mandi sore.

Itulah informasi mengenai khasiat buah mengkudu untuk kesehatan dan kecantikan, semoga bermanfaat.

Loading...