Pengobatan Herbal Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Loading...

Pengobatan Herbal Penyakit Tekanan Darah TinggiPenyakit darah tinggi atau biasa disebut dengan hipertensi merupakan kelainan pada pembuluh darah seseorang, dimana tekanan darah yang dimiki melebihi batas normal. Untuk mengetahui tekanan darah seseorang dapat dilakukan dengan cara memeriksa secara rutin tensi darah.

Pada umumnya tekanan darah yang dimiliki seseorang yaitu 120/80mmHg. Namun apabila tekanan darah yang dimiliki lebih dari 140/90 mmHg, orang tersebut dapat dikatakan menderita darah tinggi atau hipertensi.

Hipertensi inipun muncul karena banyak faktor, beberapa di antaranya yaitu:
• Faktor keturunan atau gen
• Obesitas atau kegemukan
• Kurang olahraga
• Terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein dan berakohol.

Gejala yang sering dialami para penderita hipertensi seperti migren , mimisan, sakit kepala. Namun kadang-kadang tidak ada gejala yang mengiringi datangnya penyakit ini dan munculnya satu gejala ketika telah terjadi komplikasi pada organ lainnya. Oleh sebab itu Hipertensi disebut sbagai penyakit pembunuh senyap.

Sedangkan untuk pengobatannya sendiri dapat dilakukan dengan memulai gaya hidup santai namun sehat dengan menghindari makan-makanan yang mengandung lemak jenuh, membiasakan mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang segar.

Pengobatan Herbal Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Berikut contoh sayuran dan buah-buahan yang dapat dijadikan obat alami untuk menurunkan tekanan darah:

• Seledri

Bukan rahasia lagi jika tanaman dengan naman latin Apium graveolens ini merupakan jenis sayuran pelengkap masakan atau sup yang memiliki banyak manfaat salah satunya dapat menurunkan tekanan dengan gizinya yang cukum tinggi dan lengkap.

Selain itu kandungan kalium atau biasa disebut potassium pada seledri termasuk tinggi sehingga baik untuk membantu menurunkan tekanan darah.

• Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak sekali manfaatnya, sumber vitamin A dan K, mangan, magnesium, folat, serat, protein, kalsium dan sebagainya. Kandungan kalsium dan mineral yang seimbang inilah yang menjadikan bayam sangat cocok untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu karena bayam juga mengandung folat yang dapat membantu melemaskan pembuluh darang sehingga sistem aliran darah menjadi lancar. Namun jangan terlalu sering mengonsumsi bayam karena dapat meningkatkan resiko asam urat, konsumsilah bayam sesuai kebutuhan.

• Tomat

Tanaman jenis satu inipun memiliki khasiat yang tidak kalah dengan tanaman yang lain. Tomat merupakan jenis buah yang kaya akan nutrisi, tomat dikenal dapat melindungi anda dari kanker prostat dan cocok untuk progam diet.

Tanaman yang kaya kan vitamin B3 ini ternyata juga dapat dikonsumsi sebagai makanan penurun tekanan darah. Hal ini dikarenakan kandungan lycopen dan potasium yang tinggi. Jadi sering-seringlah mengonsumsi tomat baik itu dalam bentuk jus maupun camuran masakan.

• Buah beri

Buah beri merupakan buah yang kaya akaan vitamin C dan mengandung potasium yang baik untuk penderita hiperensi. Buah beri itu sendiri banyak macamnya, mulai dari strawbery, bluebarry, blackberry dan raspberry yang memiliki kandungan vitamin C tinggi yang cocok untuk menjaga kekebalan tubuh.

Kandungan potassium yang dimliki dari semua jenis berry ini sangat dibutuhkan untuk menurunkan tekanan darah, sehingga sangat baik untuk mengonsumsi buah berry dalam jumlah yang banyak dan dapat dikonsumsi dalam bentuk jus yang segar.

• Jeruk

Buah yang juga memiiki kandungan vitamin C yang tinggi ini ternyata juga memiliki kasiat untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan potassium, serat dan rendah akan sodium ini sangat dibutuhkan oleh penderita hipertensi.

Karena buah jeruk merupakan buah yang cukup mudah ditemuai jadi tak ada alasan untuk tidak menjadikan buah bulat ini menjadi buah konsumsi kita sehari-hari.

• Alpukat

Buah yang dapat tumbuh di hampir seluruh daerah Indonesia ini juga dapat dijadikan obat alami untuk menurunkan tekanan darah. Selain harganya yang cukup murah, buah ini juga mengandung banyak sekali vitamin dan mineral diantaranya adalah Vit A, B6, Vit E, potassium atau kalium, lemak tak jenuh dan masih banyak lagi.

Kandungan kalium iniah yang menjadikan Alpukat sebagai buah yang baik untuk darah tinggi, selain itu kandungan lemak tak jenuh yang ada pada buah ini juga menjadikan nilai plus untuk mencukupi kebutuhan akan lemak dalam tubuh sehingga sangat baik untuk tubuh khususnya bagi penderita hiperensi.

Selain jenis buah dan sayur di atas dapat juga mengonsumsi jenis kacang-kacangan seperti mete, almond, yoghurt murni rendah lemak dan yang paling penting adalah air putih untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca.

Loading...