Bahaya Dehidrasi Dan Efeknya Pada Tubuh

Loading...

Bahaya Dehidrasi Dan Efeknya Pada TubuhKesehatan merupakan hal yang paling penting, namun terkadang kita mengabaikan kesehatan kita melalui hal kecil. Salah satu contohnya mengabaikan bahaya dehidrasi.

Sering tubuh kita mengalami dehidrasi tanpa kita sadari, dengan mengabaikan minum yang cukup ketika rasa haus muncul dan pada akhirnya mengakibatkan tubuh terkena dehidrasi.

Dehidrasi itu sendiri merupakan sebuah peristiwa dimana keseimbangan cairan di dalam tubuh mengalami gangguan dan tidak bisa bekerja secara optimal. Hal ini disebabkan kekurangan asupan cairan di dalam tubuh akibat aktivitas yang dilakukan.

Dehidrasi merupakan hal yang sepele namun sangat penting untuk diperhatikan. Banyak yang tidak tahu apabila mengabaikan dehidrasi akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh.

Dehidrasi biasanya terjadi karena beberapa hal yang menyebabkan penurunan zat Natrium. Beberapa hal yang menyebabkan penurunan natrium yaitu diare berat, muntah-muntah dan keluarnya keringat yang berlebihan akibat aktivitas yang berlebihan.

Ada tiga jenis dehidrasi, di antaranya:
• Pertama dehidrasi ringan
• Kedua adalah dehidrasi sedang dan
• Terakhir dehidrasi berat.

Setiap jenis dehidrasi ini memiliki gejala yang hampir sama namun dampak yang diakibatkan akan berbeda.

Dehidrasi Ringan

Untuk dehidrasi ringan biasanya ditandai dengan kondisi tubuh yang mudah lelah, lesu dan mulut kering. Pada dehidrasi ringan ini dampak yang diakibatkan berupa kurangnya fokus dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Pada dehidrasi jenis ini sangat mudah untuk dicegah dan diobati.

Dehidrasi Sedang

Pada dehidrasi tingkat ini biasanya ditandai dengan gejala yang hampir sama dengan dehidrasi ringan, hanya saja pada dehidrasi tingkat ini kepala terasa pusing, mata tampak agak cekung dengan kondisi kekenyalan kulit yang menurun.

Dampak yang diakibatkan pun hampir sama dengan dehidrasi rendah yaitu kurangnya kefokusan dalam melakukan aktivitas, bisa menyebabkan kesadaran akansemakin  berkurang atau bahkan pingsan akibat tekanan darah yang menurun dan yang paling parah pada dehidrasi sedang ini bisa menyebabkan gagal ginjal.

Dehidrasi Berat

Apabila pada tingkat dehidrasi ringan dan sedang tidak segera ditangani maka akan merambah ke tingkat dehidrasi berat, dimana pada dehidrasi berat ini akan lebih serius dampak yang diakibatkannya.

Gejala yang biasanya timbul pada penderita dehidrasi berat yaitu tangan dan kaki yang dingin dan lembab, tidak sadar, atau lemas, ketidakmampuan untuk minum, hilangnya elastisitas kulit secara sepenuhnya, tidak adanya air mata, lapisan lender yang sangat kering pada mulut, pengurangan volume air seni yang parah atau tidak adanya air seni.

Sedangkan untuk dampak yang akan diakibatkan sangat serius yakni dapat mengakibatkan koma dan yang paling parah bisa menyebabkan kematian.

Hal yang sepele namun sangat membahayakan, kalimat itu sangat cocok untuk kasus dehidrasi ini. Banyak masyarakat yang mengabaikan rasa haus tersebut hingga menimbulkan dehidrasi pada dirinya. Padahal di dalam tubuh manusia hampir 80% kandungan didalamnya berupa cairan. Oleh karena itu apabila cairan yang berada di dalam tubuh tidak tercukupi secara optimal maka akan meberikan dampak yang serius bagi tubuh.

Sangat sedikit masyarakat yang sadar akan bahaya dari dehidrasi ini. Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan, minumlah sebelum haus menyerang, jangan biarkan rasa haus semakin menjadi hingga akhirnya dehidrasi.

Semoga bermanfaat.

Loading...