Orang-Orang yang Beresiko Terkena Kolesterol Tinggi dan Pencegahannya

Loading...

Orang-Orang yang Beresiko Terkena Kolesterol Tinggi dan PencegahannyaBeresiko terkena kolesterol tinggi tentu saja akan berasa tak nyaman dalam tubuh. Hal itu dikarenakan mereka yang terjangkit kolesterol tinggi akan terganggu kesehatannya, hingga menderita penyakit tertentu yang membahayakan tubuh. Jika kondisinya seperti itu, mau tidak mau mereka yang beresiko harus melakukan terapi kesehatan agar bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

Perlu Anda ketahui bahwa kolesterol tinggi bisa berakibat seseorang menderita beberapa penyakit berbahaya, seperti jantung atau stroke. Kedua penyakit tersebut di Indonesia menjadi pembunuh yang efektif bagi orang-orang yang menderitanya.

Tidak sedikit di antara mereka yang belum mengetahui bahwa kadar kolesterol jahat di dalam tubuhnya cukup tinggi. Namun, mereka tenang-tenang saja dan terus melakukan beragam aktivitas tidak sehat yang hampir tiap hari dilakukannya. Alhasil, secara perlahan mereka pasti akan merasakan ketidakberesan dan ketidaknyamanan pada tubuhnya. Itulah yang harus diwaspadai.

Salah satu tips yang bisa Anda lakukan sekarang juga, yaitu periksakan diri ke rumah sakit atau klinik kesehatan untuk memeriksa kadar kolesterol Anda di dalam darah apakah masih dalam batas normal atau sudah tinggi. Jangan pernah menunggu karena taruhannya adalah nyawa Anda.

Siapa saja yang beresiko terkena kolesterol tinggi?

Bukan hanya orang tua yang sudah berumur saja yang beresiko terkena kolesterol tinggi. Pasalnya, mereka yang masih muda dan bersemangat dalam beraktivitas sehari-hari juga beresiko. Mereka yang muda tersebut tidak mempraktikkan gaya hidup sehat sehari-hari.

Ditambah senang mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berkalori tinggi, serta kurang berolahraga. Apalagi jika Anda yang sering mengkonsumsi makanan dan minuman cepat saji atau junkfood yang hanya menyenangkan dan mengenyangkan saja.

Jenis makanan seperti itu sebenarnya sangat tidak layak untuk dikonsumsi dilihat dari segi kesehatan. Pasalnya, kandungan gizi dan nutrisi di dalam makanan tersebut sangat minim, sehingga tidak mampu untuk memenuhi asupan tubuh.

Bagaimana mencegah agar tidak beresiko terkena kolesterol tinggi?

Salah satu cara yang efektif untuk mencegahnya, yaitu memulai untuk mempraktikkan gaya hidup sehat setiap hari mulai dari sekarang. Jangan banyak menunggu waktu lagi dikarenakan kesehatan dan kebugaran tubuh Anda sangat penting untuk dijaga dan dirawat. Beberapa cara yang bisa Anda praktikkan, antara lain sebagai berikut.

Pertama, mengkonsumsi makanan sehat setiap hari. Beragam jenis makanan dengan kriteria sehat bisa Anda konsumsi sehari-hari. Misalnya, sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan segar, serta banyak mengkonsumsi air putih yang sehat. Selain itu, hindarilah sedapat mungkin jenis makanan yang banyak mengandung kolesterol, lemak, dan kalori. Dengan begitu, asupan gizi dan nutrisi di dalam tubuh Anda bisa dipenuhi secara optimal.

Kedua, berolahraga sesuai kondisi tubuh masing-masing. Anda tidak perlu berolahraga dengan porsi yang berat dan menguras tenaga, apalagi usianya yang tidak muda lagi. Anda cukup mempraktikkan olahraga ringan saja, seperti berjalan kaki pada pagi hari dengan durasi waktu sekitar 45 – 60 menit. Minimal lakukanlah 3 kali seminggu untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.

Ketiga, periksakan diri ke dokter atau rumah sakit jika merasa ada yang tidak beres dengan kesehatan Anda. Dengan begitu, pihak dokter atau rumah sakit bisa mendiagnosis penyakit yang Anda derita dikarenakan kolesterol tinggi atau bukan. Jika Anda direkomendasikan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu, jangan lupa untuk memilih yang berbahan herbal karena lebih aman dan sehat. Praktikkan ketiga cara seperti yang ditulis di atas terutama bagi Anda yang beresiko terkena kolesterol tinggi.

Loading...