4 Cara Sederhana agar Karpet Selalu Bersih

Loading...

4 Cara Sederhana agar Karpet Selalu BersihKarpet selalu bersih pasti didambakan oleh setiap orang, tak terkecuali Anda sendiri. Karpet yang Anda miliki di rumah tiap hari pasti kotor karena disebabkan oleh debu, noda makanan atau minuman, hewan peliharaan, ulah bayi atau anak kecil, dan lain sebagainya. Anda yang memilikinya tentu saja sangat merepotkan untuk membersihkannya.

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa cara yang cukup sederhana untuk membersihkan karpet di rumah. Anda cukup meluangkan waktu 5 – 10 menit untuk membersihkan karpet setiap hari. Dengan begitu, karet di rumah Anda akan selalu bersih dan terbebas dari kuman penyakit.

Lalu, apa saja cara yang perlu dilakukan agar karpet selalu bersih? Berikut informasinya untuk Anda.

Mesin penyedot debu berkekuatan ringan

Anda yang memiliki karpet di rumah pasti memiliki mesin penyedot debu karena sangat efektif dipakai untuk membersihkan karpet dari debu yang menempel. Namun demikian, Anda jangan sampai menggunakan mesin penyedot debu tersebut dengan kekuatan besar.

Mungkin dalam pemikiran Anda, semakin besar kekuatan menyedotnya pasti debu yang bisa diangkat juga banyak. Hal itu ada benarnya, tetapi berakibat fatal. Pasalnya, serat kain pada karpet akan cepat rusak. Cara ini dipakai agar serat kain pada karpet tidak cepat rusak akibat tarikan mesin penyedot tersebut.

Selain itu, saat memakainya Anda tidak perlu mengangkat kain pelapis yang melindungi karpet, misalnya bantal atau guling. Dengan begitu, debu yang menempel di permukaan kain pelapis tersebut dapat terangkat tanpa merusak serat kain karpet.

Meletakkan barang untuk melapisi karpet

Biasanya di atas karpet di ruangan tamu atau ruangan tengah, diberi pernak-pernik bantal, guling kecil, atau yang lainnya untuk mempercantik dekorasi ruangan. Cara itu juga bisa dipakai agar karpet selalu bersih. Anda pun bisa melapisi dengan sarung bantal atau guling dengan bahan nilon atau katun.

Cara ini dapat mengurangi debu yang menempel pada serat kain karpet. Pasalnya, debu-debu tersebut hanya menempel pada kain pelapisnya saja. Saat membersihkannya, Anda cukup mengambil sarungnya saja, kemudian setelah bersih dipakaikan kembali pada bantal dan guling tersebut.

Memakai campuran bahan tertentu

Praktikkan juga cara ini untuk membersihkan karpet di rumah Anda, yaitu dengan membuat campuran dari bahan cuka, deterjen, dan air hangat. Air campuran tersebut sangat ampuh untuk membersihkan noda-noda yang membandel dan menempel di serat kain karpet. Misalnya, noda bekas makanan dan minuman yang sudah mengering, sehingga sulit untuk menghilangkannya.

Dengan memakainya, kebersihan karpet Anda akan selalu terjaga secara alami. Daripada Anda memakai cairan pembersih karpet berbahan kimiawi berbahaya, lebih baik Anda memakai cara yang lebih aman ini. Untuk menghilangkan bau cuka yang cukup menyengat, Anda bisa menyemprotkan pewangi di atas karpet.

Menaburi dengan bedak bayi

Untuk menghilangkan bau yang tidak sedap akibat makanan, minuman, atau yang lain Anda bisa menggunakan bedak bayi. Anda cukup menaburi lapisan atas karpet dengan bedak bayi, secukupnya saja. Baunya yang khas serta kelembutan bedaknya tidak akan merusak serat kain di karpet yang Anda miliki.

Cara itu dipakai untuk menghilangkan berbagai macam bau, seperti bekas rokok, hewan peliharaan, atau yang lainnya. Praktikkan cara-cara seperti yang ditulis di atas agar karpet selalu bersih.

Loading...