Cara Mencegah Kolesterol dan Asam Urat

Loading...

Cara Mencegah Kolesterol dan Asam UratMencegah kolesterol dan asam urat perlu Anda ketahui informasinya dikarenakan sangat bermanfaat. Kedua penyakit ini cukup sering diderita oleh orang banyak terutama mereka yang tidak menjaga kondisi fisik tubuh setiap hari baik dengan menerapkan pola makan sehat sehari-hari dan berolahraga secara teratur.

Mereka yang beresiko terkena kolesterol dan asam urat tinggi akan merasakan rasa sakit yang luar biasa pada tubuhnya. Misalnya, Anda yang menderita penyakit asam urat saat bangun tidur di pagi hari akan merasakan rasa nyeri dan sakit di bagian tubuh tertentu. Bahkan jika sudah parah kondisinya, orang yang menderitanya tidak bisa bangun dari tempat tidurnya.

Begitu juga mereka yang sudah mengidap kolesterol tinggi. Peredaran darah di tubuhnya akan tersumbat oleh timbunan kolesterol jahat yang terlalu tinggi. Akibatnya, orang tersebut bisa terkena beberapa penyakit yang cukup mematikan, seperti jantung.

Oleh karena itulah, Anda harus selalu berhati-hati dalam menjaga pola makan setiap hari. Tidak ada salahnya Anda menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari.

Bagaimana mencegah kolesterol dan asam urat dalam kehidupan sehari-hari?

Ada beberapa cara yang bisa Anda praktikkan sehari-hari untuk mencegah dua penyakit yang berbahaya ini, antara lain sebagai berikut.

Pertama, mengkonsumsi makanan sehat setiap hari. Dalam arti, bahan-bahan makanan tersebut harus mengandung gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. misalnya, sayuran hijau, buah-buahan segar, kacang-kacangan, serta air putih yang sehat. Sementara itu, hindarilah sedapat mungkin makanan yang kaya akan lemak, kalori, dan karbohidrat.

Kedua, berolahraga secara teratur. Anda tidak perlu berolahraga dengan porsi yang berat, seperti fitnes atau jenis olahraga lainnya. Anda cukup mempraktikan olahraga ringan, seperti berjalan kaki atau jogging dengan durasi waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh masing-masing.

Lakukan olahraga tersebut minimal 3 kali seminggu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Jangan pernah lupakan untuk banyak meminum air putih yang sehat saat dan setelah berolahraga dikarenakan sangat menyehatkan tubuh serta banyak manfaatnya.

Apakah perlu mengkonsumsi obat untuk mencegah kolesterol dan asam urat?

Jika Anda memang benar-benar beresiko terkena gejala dari salah satu atau keduanya penyakit tersebut, sudah seharusnya Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Namun demikian, silakan untuk berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter atau praktisi kesehatan. Jika dipastikan Anda perlu mengkonsumsi obat-obatan, sebaiknya memperhatikan beberapa tips sebagai berikut.

Pertama, terdaftar di lembaga penjamin mutu. Beberapa badan atau lembaga penjamin mutu di Indonesia, antara lain Badan POM, Kementerian Kesehatan, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Mereka yang bertugas untuk meneliti lebih lanjut tentang produk makanan dan obat-obatan yang akan dijual bebas di tengah masyarakat.

Kedua, berbahan herbal. Obat penurun kolesterol tersebut sebaiknya yang berbahan herbal atau alami, sehingga lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi tanpa harus khawatir terganggu kesehatannya.

Ketiga, harganya yang terjangkau. Tidak ada salahnya Anda membeli obat penurun kolesterol herbal dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun harganya terjangkau, tetapi kualitas dan khasiat obatnya tetap nomor satu.

**

Demikianlah cara mencegah kolesterol dan asam urat yang bisa anda terapkan. Semoga tulisan di atas sangat bermanfaat untuk Anda sekalian, sehingga bisa menjaga kesehatan setiap hari.

Loading...